KPU Kirim Surat Suara ke Pulau Pulau Tunda, Pulau Sanghyang, dan Pulau Panjang

0
494 views
Anggota PPK Tirtayasa mengangkut logistik pilgub ke kapal motor untuk dibawa ke Pulau Tunda, Minggu (12/2).

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mendistribusikan surat suara ke daerah kepulauan  melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Minggu (12/2), sekira pukul 09.30 WIB, surat suara mulai didistribusikan kepada daerah kepulauan melalui kapal motor di Pelabuhan Karangantu. Surat suara tersebut didistribusikan ke tiga pulau yang berada di wilayah Kabupaten Serang, yaitu Pulau Tunda, Pulau Sanghyang, dan Pulau Panjang.

Pendistribusian surat suara tersebut dilakukan oleh pihak KPU Kabupaten Serang dan PPK Tiratayasa. Sementara, pengawasan dilakukan oleh pihak kepolisian, Koramil Tirtayasa, dan panitia pengawasan pemilihan kecamatan (panwascam).

Berdasarkan jadwal pendisitribusian KPU, surat suara didistribusikan kepada PPK sejak 9 Februari dan pada 12 Februari mulai didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa. Untuk daerah kepulauan terpencil, pendistribusian dimulai ke Pulau Tunda pada hari pertama kemudian ke Pulau Sanghyang dan Pulau Panjang pada hari kedua dan ketiga.

Komisioner KPU Kabupaten Serang Abidin Nahsyar mengatakan, surat suara didistribusikan ke Pulau Tunda, Kecamatan Tirtayasa, sebanyak dua kotak suara. “Di sana (Pulau Tunda-red) ada dua TPS,” katanya saat ditemui di Pelabuhan Karangantu, Kota Serang, Minggu (12/2).

Ia mengatakan, pihaknya memastikan seluruh surat suara sudah sampai kepada PPS satu hari sebelum pemilihan berlangsung. “Di Pulau Panjang ada empat TPS, di Pulau Sanghyang ada satu TPS,” jelasnya.

Abidin mengatakan, untuk meningkatkan partisipasi pemilih di daerah kepulauan terpencil, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh kepala desa setempat untuk dapat mengimbau warganya.

Sementara itu, Ketua PPK Tirtayasa Oman mengatakan, di Pulau Tunda terdapat 1.020 daftar pemilih tetap (DPT) yang terdiri atas 510 laki-laki dan 510 perempuan. “Kita distribusikan plus 2,5 persen surat suara tambahan,” katanya.

Menurut Oman, pemilih dengan pengguna surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terdapat sebanyak sembilan orang. “Tapi, semuanya sudah terekap di DPT. Jadi, kami pastikan mereka punya hak pilih,” ujarnya.

Ia menambahkan, pendistribusian surat suara ke kepulauan terpencil mengalami hambatan cuaca ekstrem. “Tidak bisa diprediksikan, semoga bisa lancar saja,” imbuhnya. (Rozak/Radar Banten)