KPU Kota Serang Kumpulkan Petugas KPPS

0
489 views
Petugas KPPS saat mendapatkan bimbingan teknis hari ini dari KPU Kota Serang, Kamis (12/1)

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang hari ini mengumpulkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Serang. Ada sekitar 36 orang petugas yang dikumpulkan KPU Kota Serang untuk mendapatkan bimbingan teknis.

Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin menegaskan petugas KPPS wajib mentaati aturan penyelenggara pemilu. Sebab menurutnya sejauh ini banyak ditemui petugas di lapangan tidak mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh KPU. Seperti lambatnya penghitungan suara dari jadwal yang telah ditetapkan.

“Untuk itu Bimtek ini perlu ditekankan agar saat penghitungan suara pada Februari nanti, petugas KPPS bisa memahaminya. Meskipun sepele tapi ini jadi sensitif karena berkaitan dengan hak suara,” ujarnya di sela sela Bimtek yang diikuti PPK se Kota Serang, di aula utama Unbaja Kota Serang, Kamis (12/1).

Heri menjelaskan, dengan bimtek ini adanya pemahaman yang sama terkait dengan mekanisme, tata cara atau teknis pemungutan dan rekap di PPS sehingga pada pelaksanaannya petugas siap menghadapi segala macam persoalan di TPS, bagaimana menyiapkan TPS mudah dijangkau pemilih disable.

“Petugas wajib mentaati waktu pelaksanaan pukul 07.00 dan selesai pukul 13.00 WIB. Karena ini Pilgub cuma satu kertas suara, sehingga kami memperkirakan pemungutan akan lebih cepat, paling jam 11. Memang hal sepele soal waktu, pengisian form C1. Tapi penyakitnya petugas terkadang kurang disiplin, kurang teliti dan kurang rapih,” tuturnya.

Heri menegaskan, aturan yang paling fundamental pada Pilgub tahun ini yaitu KPPS harus mengembalikan form C6 (surat panggilan memilih) apabila form tersebut tidak bisa didistribusikan ke yang bersangkutan. Hal itu bisa saja disebabkan oleh yang bersangkutan meninggal, dan lain-lain. Paling lambat C6 dikembalikan H-1. “Yang mengembalikan KPPS ke TPS, untuk meminimalisir penyalahgunaan C6. Nanti setelah ini kita menyelenggaran Bimtek PPS yang diselenggarakan oleh PPK,” pungkasnya. (Adef)