KPU Kota Serang: Partisipasi Pemilih Pilgub di Bawah 65 Persen

0
637 views

SERANG – KPU Kota Serang mengungkapkan bahwa partisipasi pemilih pada Pilgub Banten 2017 di Kota Serang masih rendah yaitu di bawah 65 persen. Hal itu dikatakan Komisioner KPU Kota Serang Fierli MM saat ditemui di sela-sela kegiatan rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilgub Banten 2017 tingkat PPK di Kecamatan Cipocok Jaya, Jumat (17/2).

“Banyak variabel partisipasi pemilih di Kota Serang ini jadi merosot. Dan saya belum bisa pastikan penyebabnya. Dan hasilnya pada saat rekapitulasi tingkat Kota Serang pada 23 Februari nanti. Jadi belum bisa kasih kesimpulan yang tepat. Dan ini menjadi evaluasi ke depan, kenapa bisa sampai terjadi penurunan partisipasi tersebut,” ujarnya.

Namun sejauh ini, lanjut Fierli, variabel yang membuat partisipasi jadi rendah di antaranya, ada yang karena kurang sosialisasinya, atau sikap apatis masyarakat. “Faktor cuaca juga mempengaruhi, kalau saat pencoblosan hujan, soal kandidat juga mempengaruhi. Jadi hal ini juga belum menjadi kesimpulan final, kita masih mengkajinya. Karena kan selama ini kita sudah banyak melakukan sosialisasi. Selain itu kita juga masih temukan banyak surat suara yang tidak sah. Kemudian pada pilgub ini juga banyak masyarakat yang menggunakan KTP saat pencoblosan terutama di Kelurahan Banjar Agung,” ungkapnya.

“Dan semua ini masih kita kumpulkan lagi temuan-temuan di lapangan untuk menjadi bahan evaluasi agar ke depan bisa diperbaiki,” imbuhnya. (Ade F)