KPU Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang Tetapkan DPT Pilkada

Komisioner KPU Kota Tangerang Ahmad Sailendra (dua kiri) dan Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi menandatangani hasil rapat pleno DPT Pilkada Kota Tangerang.

TANGERANG – Setelah melewati proses panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang menetapkan daftar pe milihan tetap (DPT) pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Komisioner KPU Kota Tangerang Ahmad Sailendra menjelaskan, total DPT 1.027.522 pemilih. ”Sedangkan 184 potensi pemilih dicoret. Ini lantaran TMS (tidak memenuhi syarat red),” terangnya, usai pleno yang berlang sung di Hotel Allium Tangerang, Kamis (19/4).

Ditambahkan, ratusan pemilih yang tidak dimasukkan ke DPT terbagi dari 10 kecamatan. Jumlah tersebut terdiri dari Kecamatan Tangerang 103 pemilih, Jatiuwung (10), Ciledug(12), Karawaci (10), Priuk (3), Cibodas (3). Selanjutnya, Kecamatan Pinang 14 pemilih, Karangtengah (9), dan Larangan (13). Ini merupakan pemilih yang berdasarkan DKPS (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil-red) belum mempunyai KTPel, tapi saat tim turun ke lapangan tidak ditemukan keberadaannya.

”Nah, bagi warga yang belum masuk ke DPT bisa memilih pada 27 Juni mendatang dengan membawa suket dan KTP-el,” urainya.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi menambahkan, rapat pleno yang dilakukan untuk meminimalisasi orang yang tetap terdata dalam DPS namun tidak datang ke TPS. ”Karena kan ada yang tidak ada orangnya namun masih terdata, ini kami brangus habis agar yang ada orangnya saja yang masuk data dan datang ke TPS,” ujarnya.

Sanusi mengimbau, agar warga menyalurkan hak suaranya dalam Pilkada Kota Tangerang 27 Juni mendatang. ”Kami harap warga bisa menyalurkan suaranya pada pilkada. Pilihan warga tentu akan menentukan kepemimpinan Kota Tangerang lima tahun ke depan,” pintanya.

Sementara DPT Pilkada Kabupaten Tangerang, baru bisa ditetapkan sekira pukul 22.39 WIB. Total 1.843.188 pemilih. Pleno dihujani interupsi oleh Panwaslu.

Ketua KPUD Kabupaten Tangerang Akhmad Jamaludin mengatakan, pada 12 Maret KPU telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 1.873.260 pemilih. ”Selanjutnya dilakukan DPSHP oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang,” kata dia.

Dari DPSHP akan ditetapkan melalui rapat pleno terbuka menjadi DPT pada hari ini. Dalam menetukan DPT pihaknya mengikuti sistem dan mekanisme yang ditetapkan KPU Pusat. ”Jadi sekalipun sudah ditetapkan masih ada dinamisasi tersebut, karena saling klaim antar daerah itu sangat dimungkinkan, selama KTP elektroniknya nya berdomisili di Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Ia mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang yang telah proaktif melakukan pelayanan kepada masyarakat untuk melakukan perekaman dan penerbitan KTP elektronik.

Ia berpesan kepada masyarakat, walaupun DPT telah ditetapkan, masyarakat yang belum ada di DPT tersebut tetap dapat melakukan pemilihan dengan cara menunjukkan KTP elektronik atau surat keterangan (suket) dari disdukcapil setempat.

”Jadi tetap bisa melakukan pemilihan nantinya, ada pemilih tambahan asal bisa menunjukkan dokumen kependudukan tadi,” ucapnya. (mg08-mg07/ful/sub/RBG)