KPU Lebak Gelar Kampanye Damai di Alun-alun Rangkasbitung

LEBAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak menggelar kampanye damai atau deklarasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebak tahun 2018, yang bertempat di Alun-alun Rangkasbitung tepatnya di depan Museum Multatuli, Selasa (27/2).

Kampanye damai tersebut dimulai pukul 09.00 WIB. Dalam acara tersebut pasangan petahana yang mengikuti Pilkada 2018 Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi turut hadir.

Selain itu, juga hadir Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita, Kapolres Lebak, Dandim 0603/Lebak, Ketua DPRD Lebak, Ketua KPU Provinsi Banten, Ketua KPU Lebak, Kajari Lebak, Ketua Panwaslu Kabupaten Lebak, perwakilan Parpol pengusung paslon, pendukung paslon dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Lebak Ahmad Saparudin mengatakan, sesuai dengan tahapan Pilkada serentak kampanye dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari 2018 sampai 23 Juni 2018 dan ini merupakan rangkaian dalam tahapan pilkada.

“Saya harap pasangan yang sudah ditetapkan KPU Lebak mengikuti aturan dalam tahapan Pilkada ini. Selain itu, saya mengingatkan mari kita hindari berita hoaks, isu SARA dan hindari money politic,” katanya saat sambutan.

Ahmad menuturkan, pasangan calon yang sudah ditetapkan ini menjadi tokoh sentral serta menjadi sorotan masyarakat, oleh sebab itu paslon harus siap lahir batin mewujudkan deklarasi kampanye damai ini dengan baik. Serta tidak lupa pemerintah juga adalah bagian untuk memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat, sehingga masyarakat sadar akan pentingnya politik untuk menentukan pembangunan Kabupaten Lebak ke depannya dengan harapan membawa Lebak ke arah yang lebih baik lagi.

“Hari ini merupakan hari yang bersejarah, kita bisa melaksanakan deklarasi kampanye damai secara serentak yang dilakukan oleh kabupaten atau kota. Jadikan Pilkada ini bermartabat sehingga Kabupaten Lebak bisa lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto menambahkan, kepolisian dan TNI bersinergi dalam menyukseskan Pilkada 2018.

“Saya harap deklarasi ini menjadi pilar atau contoh bagi kabupaten lain. Jaga deklarasi kampanye damai agar berjalan lancar tertib dan tidak anarkis,” tegasnya.

Acara deklarasi kampanye damai berakhir sekira pukul 12.00 WIB ditutup dengan pengucapan naskah deklarasi damai oleh Ketua KPU Lebak yang diikuti pasangan calon, penandatanganan naskah deklarasi oleh pasangan calon serta pelepasan burung merpati dan pelepasan balon udara dilakukan bersama-sama Forkopimda, KPU, dan paslon. (Omat/twolhe@gmail.com)