Ketua KPU Lebak Ni’matullah

LEBAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon anggota legislatif (caleg) hasil Pemilu 2019. Perolehan hasil pemilu 2019 akan disampaikan kepada Gubernur Banten melalui Bupati Lebak.

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Lebak Ni’matullah di hall Hotel Mutiara. Hadir pada kegiatan tersebut anggota KPU Banten Rohimah dan Agus Sutisna, anggota Bawaslu Banten Ali Faisal, anggota KPU dan Bawaslu Lebak, Asda I Bidang Pemerintahan Alkadri, dan pimpinan partai politik di Lebak. Anggota KPU Lebak Lita Mulyati membacakan hasil perolehan suara dan kursi parpol.

Adapun hasil perolehan kursi di DPRD Lebak, Partai Gerindra sembilan kursi, Partai Demokrat tujuh kursi, PDI Perjuangan tujuh kursi, Partai Golkar enam kursi, dan PKB enam kursi. Selanjutnya Partai Nasdem lima kursi, PKS lima kursi, PPP empat kursi, dan Perindo satu kursi.

Ketua KPU Lebak Ni’matullah menyatakan, rapat pleno terbuka yang dilaksanakan KPU Lebak mengacu kepada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Penetapan Perolehan Hasil dan PKPU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Tahapan Program dan Jadwal. Dari hasil rekapitulasi Pemilu 2019, Partai Gerindra berhasil menjadi pemenang dengan memperoleh sembilan kursi di DPRD Lebak.

“Partai Gerindra meraih sembilan kursi di DPRD Lebak. Hasil rapat pleno ini akan kita serahkan kepada Bupati Lebak dan selanjutnya disampaikan kepada Gubernur Banten,” kata Ni’matullah kepada wartawan.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini mengatakan, KPU kabupaten dan kota yang tidak ada gugatan sengketa hasil pemilu dipersilakan untuk melaksanakan rapat pleno perolehan kursi dan penetapan caleg terpilih. Untuk itu, KPU Lebak langsung mengundang perwakilan partai politik untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Hasil Pemilu 2019, ada sembilan parpol yang berhasil menempatkan kader terbaiknya di parlemen. Sembilan parpol tersebut, yaitu Partai Gerindra, Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKB, Partai Nasdem, PPP, dan Perindo.

“Tugas kami dalam penyelenggaraan pemilu telah selesai. Rencananya, kami akan melakukan evaluasi tahapan pelaksanaan pemilu 2019,” ujarnya.(Mastur)