KPU RI Pantau Hari Pertama Pencetakan Surat Suara Pilgub Banten

0
364 views
Ketua KPU RI Juri Ardiantoro (tengah mengenakan batik) didampingi Ketua KPU Banten Agus Supriyatna (kiri) saat menerima pertanyaan awak media setelah memantau proses pencetakan surat suara Pilgub Banten oleh percetakan PT Dian Rakyat di Pulo Gadung, Jakarta, hari ini, Rabu (11/1). (Sumber Foto: Ketua KPU Banten Agus Supriyatna)

SERANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Juri Ardiantoro memantau langsung hari pertama proses pencetakan surat suara Pilgub Banten 2017 yang dilakukan oleh percetakan PT Dian Rakyat di Pulo Gadung, Jakarta, hari ini, Rabu (11/1).

Ketua KPU RI didampingi oleh sejumlah anggota KPU RI, Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten Pramono U Tanthowi.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler malam ini, Ketua KPU Banten Agus Supriyatna menjelaskan, pantauan tersebut untuk memastikan kebenaran dan kesiapan perusahaan yang mencetak surat suara Pilgub Banten.

“Tadi kita memastikan benar gak nih perusahaan siap cetak hari ini, ternyata betul mulai percetakan tadi jam sembilan pagi,” ujar Agus kepada Radar Banten Online, Rabu (11/1).

Menurut Agus pihak percetakan pun sudah menyatakan siap dan memastikan pada 14 Januari mendatang surat suara sudah bisa mulai didistribusikan ke kabupaten kota, dan berakhir pada 23 Januari proses percetakannya.

Tidak ada kendala yang ditemukan oleh rombongan penyelenggara Pilkada tersebut. Menurut Agus proses berjalan lancar. “Mereka ketika naik cetak mulai melaporkan surat suara yang rusak dalam proses percetakan, kalau ada yang rusak langsung di ganti disitu,” ujarnya.

Pihak perusahaan pun menurut Agus siap bertanggung jawab jika kerusakan surat suara ditemukan saat proses sortir dan pelipatan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kota di Provinsi Banten. “Perusahaan siap mengganti sesuai dengan jumlah kerusakan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, seperti yang diungkapkan oleh Agus Supriyatna kemarin di KPU Banten, sebanyak lebih dari 7,7 juta surat suara mulai proses pencetakan hari ini. Surat suara dicetak lebih 2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilgub mendatang. (Bayu)