KPU Siapkan Pengacara untuk Hadapi Gugatan Rano-Embay

0
489 views

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mempersiapkan kuasa hukum atau pengacara untuk menghadapi gugatan yang dilayangkan oleh tim Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Rano Karno dan Embay Mulya Syarief ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna menjelaskan, saat ini sekretariat KPU Provinsi Banten tengah mempersiapkan kuasa hukum tersebut. “Berapa jumlahnya dan dari mana belum tahu, itu sedang diurus sekretariat. Tidak banyak, yang penting bisa mempertanggungjawabkan saat di depan majelis MK, banyak kalau tidak bisa buat apa,” ujarnya di Hotel Le Dian, Kota Serang, Jumat (3/3).

Selain mempersiapkan kuasa hukum, untuk menghadapi gugatan Pilkada Banten 2017 tersebut. KPU saat ini sedang mempersiapkan alat bukti dan segala hal yang diperlukan.

Menurut Agus, KPU akan mengumpulkan saksi-saksi dan data-data yang diprediksi dan berpotensi besar menjadi materi gugatan Paslon Rano-Embay. “Seperti terkait dengan masalah-masalah yang muncul saat pleno di kabupaten kota, terkait masalah di Kota Tangerang, Kabupaten Serang dan daerah lain,” katanya.

Sejauh ini, KPU sendiri belum mengetahui materi apa yang menjadi gugatan tim paslon nomor urut dua tersebut, karena materi gugatan baru akan diterima dari MK pada 13 Maret mendatang.

“Sekarang kita mempersiapkan saja kemungkinan, meskipun kita belum tahu apa materi-materi yang akan digugatnya. Sekarang mulai diberlakukan identifikasi masalah yang menjadi potensi materi gugatan,” pungkasnya.

Adapun data-data yang dipersiapkan KPU yaitu data-data yang menjadi tugas pokok dan fungsi KPU. Mulai dari C1, Model DA dan lampirannya, Model DB dan Model DC. (Bayu)