KPU Siapkan Template Surat Suara Untuk Pemilih Tunanetra

0
409 views

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menyiapkan template surat suara untuk pemilih disabilitas khususnya pemilih tunanetra. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretasi KPU Provinsi Banten Septo Kalnadi, Jumat(19/1).

Menurut Septo, template surat suara yang disiapkan oleh KPU Provinsi Banten sebanyak dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada untuk Pilgub Banten 2017 mendatang. “Sesuai dengan TPS, sekitar 16 ribuan yang sudah kita cetak,” ujar Septo.

Menurutnya, setiap TPS paling tidak akan diberikan satu template surat suara tersebut. Template tersebut didisain agar pemilih bisa mencoblos calon gubernur dengan tepat dan sesuai aturan KPU.

“Ada simbol-simbol yang bisa dibaca oleh pemilih tunanetra, terus ada dua lubang juga yang kalau nanti dimasukan surat suara ke template itu, pemilih nyoblosnya sesuai dengan tempat yang sudah sehrusnya,” kata Septo.

Sementara itu, Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri menjelaskan, dalam Pilgub 2017 KPU Banten berupaya untuk memfasilitasi para pemilih disablilitas agar bisa menggunakan hak suaranya. Dan template surat suara tersebut merupakan salah satu dari fasilitas KPU.

“Nanti di sertifikat suara, ada kolom pemilih disabilitas yang menggunakna hak pilih, ini merupakan pelayanan KPU kepada pemilih disabilitas makanya disetiap TPS sekurang-kurangnya disiapkan satu tamplate,” katanya.

Menurut Syaeful fasilitasi KPU tidak hanya sekedar menyediakan template, menurutnya, jika pemilih disabilitas tidak mampu menggunakan template, KPU menyediakan fasilitas dalam berupa pendampingan pemilih yang tunanetra.

“Pendamping itu wajib mengisi formulir pernyataan pendampingan. Ini bagian dari layanan kemudahan untuk pemilih disabilitas. jadi jangan karena faktor keterbatasan, maka kemudian disabilitas tidak bisa menggunakan hak pilihnya,” katanya. (Bayu)