KPU Tetapkan Iti – Ade Lawan Kolom Kosong

LEBAK – Pasangan petahana Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi pada Pilkada 2018 melawan kotak kosong. Iti-Ade yang langsung mengambil pengundian penempatan gambar atau kotak kosong mendapatkan fotonya disamping kiri kotak kosong.

Pengundian penempatan letak kolom bergambar pasangan calon Iti-Ade dan kolom kosong tidak bergambar dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Lebak di Aula Hotel Mutiara Lebak, Minggu (18/2).

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri dihadiri Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Lebak Ino S Rawita, Asda I Lebak Alkadri, Ketua DPRD Lebak, jajaran kepolisian Polres Lebak, dan Kodim 0603 Lebak dan tentunya dihadiri calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi dengan didampingi oleh para pengusung partainya.

“Kita lakukan pengundian penempatan kolom kosong dan bergambar pada Pilkada 2018, karena calon hanya satu dan itu berdasarkan surat edaran KPU RI No. 160 Pasal 5,” kata Ahmad Saparudin di Hotel Mutiara, Minggu (18/2).

Hasil dari pengundian ini, lanjut Ahmad, kolom bergambar yaitu foto Iti-Ade berada di samping kiri kolom kosong dan jika dilihat secara berhadapan letaknya berada disamping kanan kolom kotak kosong.

Sementara itu, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, dirinya tidak masalah dengan hanya melawan kolom kosong, pasalnya Iti yakin bahwa masyarakat sudah mengenal wajahnya.

“Kami tidak masalah lawan kolom kosong, karena saya yakin masyarakat sudah tahu dengan wajah kami ini,” ujar Ito saat diwawancarai usai mengikuti Rapat Pleno Terbuka di Hotel Mutiara Lebak, Minggu (18/2).

Iti mengaku, akan mengkampanyekan hasil pleno terbuka ini dengan dibantu para parpol pengusung agar masyarakat dapat mengetahui secara detail.

“Walaupun melawan kolom kosong kami tetap serius pada Pilkada ini,” katanya.

Terpisah, Pejabat Sementara Bupati Lebak Ino S Rawita mengatakan, tidak masalah dengan tata letak kolom pada Pilkada, yang penting dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas sehingga dapat memimpin Kabupaten Lebak ke arah yang lebih baik.

“Tata letak tidak masalah, yang penting dalam Pilkada serentak ini dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas, sehingga dapat membawa Kabupaten Lebak yang lebih baik lagi. Dan saya selalu tegaskan kepada para ASN agar bersikap netral dalam Pilkada ini,” tegasnya dalam sambutan. (Omat/twokhe@gmail.com).