Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa (tiga dari kiri) dan Ketua Umum KONI Kabupaten Serang Eki Baihaki berfoto bersama usai menyerahkan piala kepada kontingen Kecamatan Kramatwatu usai menjadi juara umum Porkab XII Serang 2017 di Stadion Heroik Grup 1 Kopassus, Taman, Serang, Senin (4/12) sore.

SERANG – Perhelatan multievent terbesar di Kabupaten Serang, Pekan Olahraga Kabuoaten (Porkab) XII Serang 2017 resmi berakhir, Senin (4/12) sore. Kontingen Kecamatan Kramatwatu dinobatkan sebagai juara umum usai sukses meraup 48 keping medali, yakni 26 emas, sembian perak, dan 13 perunggu.

Acara penutupan yang dihadiri Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa dilangsungkan di Stadion Heroik Grup 1 Kopassus, Taman, Serang, Senin (4/12) sore.

Ditemui usai dinobatkan sebagai juara umum, Camat Kramatwatu Adang Rahmat bersyukur kontingennya mampu mengukir sejarah baru di pentas olahraga Kabupaten Serang. “Alhamdulillah, kami sukses mematahkan dominasi Cikande yang secara beruntun menjadi juara umum di dua edisi porkab sebelumnya. Tak ada yang istimewa karena kami sudah melakukan persiapan matang jauh sebelum gelaran porkab digelar,” kata Adang kepada awak media, kemarin sore.

Gelar juara umum yang diraih kontingennya, lanjut Adang, tak lepas dari sistem pembinaan cabang olahraga (cabor) yang telah berjalan sesuai tugas dan fungsi (tupoksi). “Kami memiliki koordinator olahraga kecamatan yang benar-benar menjalankan tupoksi-nya. Semua atlet berlatih sungguh-sungguh lantaran semua sudah tersedia, baik pelatih maupun sarana pendukung,” t katanya.

Ketua Umum KONI Kabupaten Serang Eki Baihaki mengaku puas atas hasil Porkab XII yang mampu melahirkan atlet-atlet potensial. “Kualitas atlet yang terjaring pada Porkab XII sangat memuaskan. Hasil ini membuat kami optimistis memperbaiki peringkat pada Porprov V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang nanti. Ini tentunya tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan pengcab. Bahkan, beberapa atlet kami sudah ada yang dikirim ke tingkat nasional hingga internasional,” ucapnya.

Dengan kualitas yang memuaskan ini, pihaknya optimistis mampu memperbaiki peringkat kontingen Kabupaten Serang pada Porprov V Banten nanti. Sesuai dengan target yang diharapkan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, yakni peringkat tiga besar.

“Kami usahakan (peringkat tiga besar). Apa pun hasilnya nanti, itu yang terbaik. Tapi, kami tetap mengutamakan hasil yang sesuai dengan permintaan Ibu Bupati dan Pak Wakil Bupati. Kami akan maksimalkan segala upaya untuk meningkatkan prestasi,” tegas Eki.

Masih di tempat yang sama, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, porkab merupakan salah satu bentuk evaluasi hasil pembinaan olahraga selama dua tahun. Ia berharap, hasil yang telah dicapai pada Porkab XII Serang dapat membuat Kontingen Kabupaten Serang berbicara banyak pada Porprov V Banten 2018.

“Mudah-mudahan apa yang sudah dicapai dari porkab ini bisa berbicara banyak di porprov. Walaupun begitu, hasil ini bukan jadi ukuran bisa berbicara di porprov karena perlu ada pembinaan lanjutan. Makanya, hasil ini nanti akan ditindaklanjuti dengan pemusatan latihan,” ujarnya. (Andre AP/RBG)