Krapcak Berbenah, Pos Ronda Terbaik Kedua Jadi Modal

KRAMATWATU – Warga RW 02, Kampung Krapcak, Desa Wanayasa, Kecamatan Kramatwatu, mulai berbenah. Bersama pengurus lingkungan dan aparatur pemerintah desa, warga mempersiapkan perlombaan Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Mereka mulai membersihkan pintu masuk kampung hingga berencana mempercantik sepajang jalan kampung dengan tanaman bunga.

Pj Kepala Desa Wanayasa Ade Hayati mengatakan, saat ini, pihaknya sedang melakukan persiapan menjadi peserta Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. “Kita mulai berbenah. Sesuai rencana, dimulai dari kebersihan parit, pembenahan. Jika ada yang harus diperbaiki, kita perbaiki, termasuk perbaikan solokan, parit di pinggir jalan,” ujarnya saat berbincang dengan Radar Banten, Kamis (15/8) pekan kemarin.

Perempuan yang akrab disapa Ade itu menjelaskan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan masyarakat dan ketua RT serta ketua RW. Salah satunya, rencana penanaman pohon. “Kebersihan di kampung ini termasuk baik, melibatkan pemuda dan masyarakat aktif,” katanya.           “Begitu pula keamanan. Insya Allah, tiap malam ada piket ronda,” sambung Ade.

Ade pun berharap, selain Kampung Krapcak bisa menjadi juara Kampung Bersih dan Aman, tak kalah penting kegiatan perlombaan itu mampu menumbuhkembangkan kebersamaan warga dalam mewujudkan keamanan dan kebersihan lingkungan.

“Yang penting bisa menghantarkan Desa Wanayasa menjadi desa percontohan,” terangnya.

Ketua RT 01 RW 02, Kampung Krapcak, Suewi mengaku optimistis bisa menampilkan kampungnya dan meraih hasil terbaik dalam Kampung Bersih dan Aman. “Insya Allah, secara persiapan sudah siap. Membuat kelompok sesuai dengan rapat di Pemkab,” katanya. “Saya optimistis akan mengikuti tiap kategori, keamanan dan kebersihan. Kategori yang ditonjolkan modal siskamling dan kebersihan,” tambahnya.

Untuk siskamling, kata dia, jadwal ronda sudah terpampang di tiap pos kamling. Setiap malam, tidak kurang dari 30 warga melaksanakan ronda. Termasuk, pihak RT dan RW melakukan pengawasan.

“Kami tiap malam, untuk masing-masing RT, tidak ada jadwal ronda. Saya arahkan RT dan RW,” ujar Suewi.

Terkait sisi keindahan yang akan ditonjolkan Kampung Krapcak adalah taman kampung. Rencananya, di tiap rumah di pinggir jalan kampung diberikan tanaman bunga. Begitupun di tepi jalan raya, gapuranya dibenahi.

“Kalau di Karpcak, alhamdulillah, mendorong partisipasi masyarakat relatif lebih mudah, hanya melalui pengeras suara masyarakat,” katanya.

Sementara itu, babinsa Desa Wanayasa Serda Jupri Pandawa mengaku, mendapatkan tugas dari pimpinannya untuk mendampingi Kampung Krapcak mengikuti Kampung Bersih dan Aman di tiap tahapan. “Mulai dari perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan. Ini perwakilan desa. Bagi kami suatu kehormatan karena kampung ini dari keamanan, ketertiban, dan kebersihan sudah berjalan beberapa waktu,” katanya.

Jupri pun mengaku, Kampung Krapcak mendapatkan juara kedua terbaik dalam perlombaan pos ronda yang digelar Polda Banten. “Tentu, harapan kami, masyarakat tetap bersatu padu sehingga bisa memenangkan perlombaan ini,” tandasnya. (fdr/don/ira)