Kreativitas Pemuda RT 01 Lingkungan Timbang Diuji

0
487 views

CURUG – Pengurus dan warga RT 01 RW 01, Lingkungan Timbang, Kelurahan Cilaku, Kecamatan Curug, menyerahkan tugas mendekorasi lingkungan kepada para pemuda. Ya, pemuda di kampung ini memang menjadi fondasi untuk memberikan yang terbaik pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Para pemuda diberi kebebasan untuk berkreasi.

“Penataan lingkungan kami memang belum lama dimulai. Meski begitu, sudah terlihat progres dan perbedaanya dari ketika belum ditata. Sekarang, di lingkungan kami sudah ada pemagaran, tembok-tembok telah dilukis dengan berbagai tokoh kartun,” kata Ketua RT 01 Endang Jaya, Senin (8/6).

Menurut Endang, penataan lingkungannya dilakukan oleh warga dengan gotong royong. Semua elemen warga RT 01 turun membantu menata lingkungannya sesuai kemampuan mereka.

“Sebenarnya keroyokan, tapi memang para pemuda lebih fokus melakukan pengecatan dan melukis tembok. Ada juga yang membantu bikin pagar,” jelas Endang.

Perbedaan cukup mencolok sudah terlihat di RT ini. Kini, pagar telah tertata. Membuat rapi jalan-jalan di gang sejak memasuki lingkungan ini. Tembok-tembok di RT ini pun telah dihias dengan lukisan berwarna mencolok.

Penghijauan terlihat di rumah-rumah warganya. Mereka menggunakan rak gantung dari besi untuk menanam bunga dan tanaman hias lainnya.

Ketua Pemuda RT 01 Ivan Agustani mengatakan, perubahan wajah lingkungannya menandakan kekompakan para pemuda. “Pemuda di lingkungan kami sangat kompak, bahkan kami sudah hampir dapat sponsor dari brand terkenal untuk membantu penataan lingkungan. Untuk membangun sekretariat pemuda dan memasang lampu hias. Tapi batal karena ada Covid-19,” jelasnya.

Karena itu, penataan lingkungan RT ini tidak hanya mengandalkan dana stimulan yang disalurkan Pemerintah Kelurahan Cilaku. Namun, juga akan dibantu dengan dana swadaya warganya. (rio/don)