MERAK – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak menggelar operasi di akses pintu keluar masuk Pelabuhan Merak, Rabu (21/1/2015).

Pantauan di lokasi, polisi memeriksa semua barang bawaan penumpang, baik yang di dalam kendaraan maupun yang ada di dalam bagasi, termasuk surat kendaraan. Kepala KSKP Merak AKP Nana Supriatna disela operasi mengatakan, operasi pekat yang digelar KSKP itu dalam rangka mengantisipasi tindak kejahatan yang akan terjadi pada pengguna jasa kapal laut.

“Kita lakukan pemeriksaan pada semua barang bawaan penumpang. Sasaran kita adalah senjata api, senjata tajam, dan yang lainnya akan mengancam keselamatan para pengguna jasa,” ujarnya.

Sasaran utama dalam operasi ini, kata dia, adalah narkoba. Pasalnya, selama ini pelabuhan kerap dijadikan sebagai akses masuknya narkoba, dari Sumatera ke Pulau Jawa dan sebaliknya. “Kalau untuk Pelabuhan Merak, masuknya narkoba bisa dikatakan tidak ada, akan tetapi kita tetap antisipasi masuknya barang haram itu,” terangnya.

Kendati dalam operasi pekat kali ini tak membuahkan hasil, namun pihaknya akan terus melakukan operasi serupa secara rutin di areal pelabuhan. “Hasilnya hanya kita lakukan penilangan terhadap lima kendaaran yang tidak memiliki SIM saat berkendara,” jelasnya. (Devi Krisna)