Kubang Kidul Bakal Dihijaukan

0
1.133 views

CURUG – Warga Lingkungan Kubang Kidul, RT 08 RW 02, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, bertekad akan menghijaukan lingkungannya. Tekad ini sesuai kesepakatan hasil rapat bersama antara pemuda dan tokoh masyarakat terkait persiapan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Rencananya, penghijauan dilakukan dengan menempatkan pot-pot tanaman di pekarangan rumah warga dan di sepanjang jalan sekira 200 meter. Warga juga bakal memasang pagar dari bambu yang diambil di kebun milik warga.

“Kita fokuskan ke penghijauan supaya lingkungannya jadi seger,” kata Ketua RT 08 RW 02, Lingkungan Kubang Kidul, Jadid kepada Radar Banten, Rabu (18/3).

Bibit tanaman untuk penghijauan adalah cabai dan tomat. Jadid menyiapkan 100 bibit untuk kemudian disebar kepada semua warga Kubang Kidul. “Nanti saya bagiin ke warga biar enggak usah beli,” kata lelaki berkacamata itu.

Untuk pemagaran jalan, menurut Jadid, tidak hanya dari bambu. Warga juga akan memanfaatkan kayu sisa bahan bangunan asrama Pondok Pesantren Al-Mahrus di Kubang Kidul.

“Kalau untuk bahan penataannya mah sudah ada. Kita memanfaatkan bahan yang ada yang sudah tidak terpakai,” jelas Jadid.

Kubang Kidul dihuni oleh 300 jiwa dari 100 kepala keluarga (KK). Penataan sudah dilakukan warga sejak pekan lalu. Warga, pemuda, dan dibantu santri Pondok Pesantren Al-Mahrus bakal melanjutkan gotong royong pada Jumat (20/3) dan Minggu (22/3) pekan ini. “Kita targetkan tiga minggu lagi Lingkungan Kubang Kidul sudah rapi,” ungkapnya.

Jadid juga berencana akan memperbaiki pos ronda yang saat ini kurang representatif. Pos ronda belum dilengkapi peralatan keamanan seperti kentongan, alat pemadam api ringan, dan borgol. “Untuk pos ronda, akan kita renovasi juga,” ujarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mahrus KH Juhri Sanjani menilai, LRLA merupakan program bagus. Maka dari itu, pihaknya juga akan mengerahkan seluruh santrinya untuk membantu warga menata Kubang Kidul. “Kalau lingkungannya bersih dan indah, santri dan warga juga kan merasa nyaman,” kata salah satu tokoh masyarakat Kubang Kidul itu.

KH Juhri juga menata lingkungan pondok pesantrennya dengan pemagaran dan pemasangan pot tanaman. Menurutnya, LRLA juga bisa menghindari warga dari virus corona yang sekarang sedang marak. “Kalau lingkungan bersih, segala macam virus juga pasti mati,” pungkasnya. (mg06/don)