Ilustrasi.

SARANG burung walet atau bird nest telah lama diyakini memiliki segudang manfaat kesehatan. Selain itu, berkat kandungan glikoprotein di dalamnya, sarang burung walet juga memiliki khasiat untuk meremajakan kulit, menambah kecerdasan otak hingga meningkatkan stamina.

Perlu diketahui sarang ini berasal dari air liur burung walet berbentuk cairan kental, yang akhirnya mengering dalam waktu 8 minggu. Biasanya burung Walet kerap membangun sarang di atas ketinggian gedung atau di langit-langit gua. Hal inilah yang membuat sarang burung walet diyakini memiliki khasiat dan nilai tinggi untuk kesehatan maupun kecantikan.

Menurut Marliena Suwito CEO 7 Stars Bird’s Nest dan Heavenly Nest, sarang burung walet kaya akan kandungan protein, kolagen, dan epidermal yang akan menyehatkan dan melembabkan kulit secara mendalam. Saat ini pihaknya telah mengembangkan masker burung walet berbentuk sheet mask yang aman digunakan di kulit.

“Kita basically 90 persen nest dari sarang burung sisanya ada campuran. Ada air, ada acid, rumput ekstrak dan berbagai macam campuran untuk masker. Sehingga kulit jadi glowing dan ternutrisi,” ungkapnya di kawasan Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (8/8), sebagaimana dilansir JawaPos.com.

Pihak mengungkapkan masker jenis ini sangat aman dipakai untuk segala kondisi jenis kulit, baik kulit kering, berminyak maupun sensitif. Kandungan air dan esktrak sarang burung walet yang telah diolah ke dalam lembar masker berwarna putih, memberikan manfaat kulit lainnya seperti meredakan radang kemerahan bekas jerawat serta mengecilkan pori-pori.

”Masker ini juga melembabkan dan meningkatkan kondisi kulit menjadi lebih baik. Kulit terasa lebih sehat dalam jangka pendek. Karena kita juga pake bahan alami, tanpa pengawet maupun bahan kimia. Sangat applycable untuk kondisi kulit apapun,” lanjut Marliena.

Tak hanya itu, masker ini juga mengandung kolagen dan protein tinggi yang bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan kulit gosong akibat terpapar sinar matahari. Idealnya dapat digunakan dua kali seminggu. “Maskernya pun bisa dipakai 2 kali sisanya bisa dimasukkan ke kulkas, karena base water dan tidak alkohol,” tandasnya. (fid/JPC/JPG)