Kumala Desak Pemkab Nama Uwes Qorni Diabadikan

0
45

LEBAK – Uwes Qorni adalah salah satu penggagas terbentuknya Provinsi Banten dan dinilai sebagai pahlawan, oleh karena itu Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) mendesak agar namanya tersebut diabadikan.

Hal tersebut diungkapkan ketua umum Kumala Imam Nurhakim saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Pendopo Kabupaten Lebak, (10/11).

“Setiap tahun Pemkab Lebak selalu berjanji akan membuatkan nama Uwes Qorni sebagai jalan atau fasilitas umum, agar nama tersebut bisa diabadikan dan diketahui oleh masyarakat bahwa Provinsi Banten terbentuk salah satunya oleh Uwes Qorni,” katanya.

Menurutnya, aksi ini adalah bentuk kepedulian Kumala terhadap pahlawan. Dan diharapkan ini menjadi titik kebangkitan Pemkab Lebak untuk lebih mengingat dan mempertahankan jasa pahlawan.

Sementara itu, menanggapi aspirasi Kumala, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan Pemkab Lebak selalu memperhatikan jasa besar pahlawan. Dan sekarang ini juga Pemkab Lebak sedang menginventarisir nama-nama pahlawan yang ada di Kabupaten Lebak untuk dibuatkan Perda.

“Kita akan buatkan Perda-nya. Dan untuk nama Uwes Qorni kita akan buat nama jalan,” ujarnya.

Lanjut Ade, membuat Perda tentunya ada tahapan yang harus dilakukan. “Kita akan bahas bersama dewan untuk membuat Perda-nya,” tegasnya. (Omat/twokhe@gmail.com)