Kunjungan Wisata ke Wilayah Kabupaten Serang Diklaim Meningkat

SERANG – Pemkab Serang mengklaim tingkat kunjungan wisata di Anyar-Cinangka meningkat. Pemkab juga memastikan kondisi Anyar-Cinangka sudah aman dari bencana.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pandji Tirtayasa seusai membuka Anyar Krakatau Adventure Destination di Kecamatan Cinangka, Minggu (1/12). Acara diikuti oleh 400 riders trail dengan menjelajahi jalur pantai dan pegunungan. Acara juga dimeriahkan dengan hiburan band lokal, Trio Serigala, Ilir 7, Asbak Band, dan artis Maisaka.

Pandji mengatakan, selama beberapa bulan ke belakang kunjungan wisata di Anyar-Cinangka menurun drastis, saat ini sudah mulai ramai lagi. “Alhamdulillah, memasuki akhir dari rangkaian AKCF yang telah dilakukan sudah berpengaruh pada meningkatnya pengunjung wisatawan,” katanya.

Ia mengakui, tsunami Selat Sunda telah berpengaruh pada penurunan kunjungan wisatawan di Anyar dan Cinangka. “Namun saat ini, hampir seluruh lokasi di Anyar termasuk hotel juga pada penuh, dan sudah dipastikan wisata Pantai Anyar sudah aman,” ujarnya.

Pandji juga menegaskan, wisata Anyar merupakan destinasi unggulan di Kabupaten Serang yang diharapkan bisa ramai kembali dan menjadi tujuan utama bagi wisatawan nasional dan mancanegara. “AKCF ini juga merupakan trauma healing untuk warga sekitar agar bisa melupakan musibah yang telah terjadi,” tuturnya.

Ketua Pelaksana AKCF Agus Erwana mengatakan, event itu merupakan rangkaian dari Anyar Krakatau Culture Festival (AKCF) yang merupakan agenda tahunan Pemkab Serang. “Setiap tahun kami lakukan demi meramaikan wisata Anyar,” katanya.

Ia juga menargetkan, pariwisata di Kabupaten Serang bisa terus meningkat melalui kegiatan AKCF yang dilakukan secara rutin setiap tahun. “Melalui rangkaian AKCF, kami lihat Anyar sudah ramai dikunjungi wisatawan. Ini menandakan kalau wisata Anyar sudah berangsur pulih,” paparnya. (jek/zee/ags)