Kunjungi Kota Serang, Dubes Azerbaijan Pelajari Debus

SERANG – Kedutaan Besar (Kedubes) Azerbaijan mendatangi Pemkot Serang untuk melalukan pertukaran budaya dan belajar debus Banten. Kedatangan rombongan kedubes negara pecahan negara Uni Soviet itu disambut langsung Walikota Serang Syafrudin di ruang kerjanya, Senin (2/12). Pertemuan tersebut membahas pertukaran budaya. Di antaranya pencak silat dan debus Banten.

Duta Besar (Dubes) Azerbaijan Jalal Mirzayev mengaku, mengagumi aneka ragam kebudayaan yang dimiliki Kota Serang. Kekaguman tersebut ditunjukkan dengan ketertarikannya mempelajari dan meneliti keberadaan budaya di Kota Serang.

“Kota Serang mempunyai aneka ragam budaya yang bagus untuk dipelajari dan nantinya akan dipromosikan ke negaranya,” kata Jalal saat ditemui usai bertemu dengan Walikota Serang Syafrudin.

Jalal mengaku akan mengenalkan juga budaya negaranya ke Kota Serang. Pertukaran tersebut sebagai langkah awal keberlanjutan kerja sama di antara kedua belah pihak. “Tugas saya ke sini untuk mempelajari budaya di Kota Serang serta mempromosikan di negara kami dan kita juga akan promosikan kebudayaan ke Kota Serang sehingga bisa terjalin pertukaran budaya,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Serang Syafruddin membenarkan kedatangan Dubes Azerbaijan ingin mempelajari kebudayaan di Kota Serang. “Pada audiensi hari ini Beliau menyatakan ingin melihat kondisi Kota Serang. Kebudayaan yang terkenal di Kota Serang itu debus dan wisata religi Banten Lama,” katanya.

Menurut Syafrudin, Kota Serang sebagai Ibukota Provinsi Banten punya banyak kebudayaan yang bisa dipromosikan ke mancanegara. Misalnya, debus, pencak silat, dan musik tradisional. “Ini juga warisan budaya yang mesti kita promosikan ke dunia,” ujarnya.

Ia berharap, hasil dari penelitian yang dilakukan pihak Dubes Azerbaijan bisa berujung kebaikan dengan adanya penanaman modal di Kota Serang. “Mudah-mudahan hasil yang dipelajari di Kota Serang bisa berujung pada investasi,” kata Syafrudin. (ken/air/ira)