Kunjungi Pandeglang, Mensos: Kita Siap Bantu Pemda

0
224 views

PANDEGLANG – Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan peninjauan rumah roboh di Desa Panjangjaya, Kecamatan Mandalawangi, Sabtu (3/8). Hadir di acara tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo, Bupati Irna Narulita, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin.

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku siap membantu Pemkab Pandeglang dalam melakukan penanganan pasca gempa karena banyak rumah warga yang mengalami kerusakan.  “Kita siap membantu pemerintah daerah. Tetapi, untuk saat ini kita belum bisa memastikan bantuan apa saja yang akan kita berikan,” katanya.

Menurut Agus, pada saat kejadian pihaknya langsung mengerahkan petugas untuk melakukan penanganan pertama. “Kita langsung kerahkan 11 kampung siaga bencana (KSB) dan taruna siaga bencana (Tagana). Kami merespons cepat bencana gempa bumi di Banten. Para personel telah bergerak melakukan evakuasi warga di pesisir pantai menuju ke tempat yang lebih aman,” katanya, kemarin.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, pihaknya telah memastikan secara langsung warga yang terdampak gempa. Tindakan itu, kata dia, harus dilakukan agar penanganan pasca gempa bumi tepat sasaran.

“Saya ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat yang terdampak langsung atau tidak terkait bencana gempa semua bisa tertangani dan berjalan dengan baik,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Irna Narulita mengaku, telah menyampaikan permohonan bantuan kepada Pemprov Banten dan pemerintah pusat dalam upaya penanganan pasca bencana gempa bumi. Soalnya, kata dia, dana kebencanaan yang dimiliki Pemkab Pandeglang sebesar Rp2,5 miliar dipastikan tidak akan mencukupi karena kerusakan yang ditimbulkan sangat besar. “Anggaran kita enggak cukup, kami butuh bantuan,” katanya. (Herman/RBG)