Kuota Haji Banten Naik Jadi 8.541 Orang

0
1.571 views
Mekkah

SERANG – Kabar gembira bagi masyarakat Banten yang akan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah. Sebab, Provinsi Banten akan kembali mendapatkan jatah kuota haji sebesar 8.541 atau mengalami kenaikan 20 persen dari kuota sekarang sebanyak 6.877 orang.

Kenaikan tersebut imbas dari kuota haji masyarakat Indonesia yang mendapat penambahan kuota dari pemerintah Arab Saudi sebesar 52.200 orang. Jumlah ini naik dari tahun-tahun sebelumnya atau dari 168.800 menjadi 221.000 orang.

Kepala Bidang Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten Lukmanul Hakim mengatakan, kenaikan kuota nasional juga membuat kuota haji di Banten mengalami kenaikan. “Secara otomatis kuota untuk Banten naik,” katanya kepada Radar Banten via WhatsApp messenger, Jumat (13/1).

Kenaikan tersebut lebih tepat disebut sebagai kembalinya kuota haji secara normal yang sejak 2013 mengalami pengurangan akibat perluasan fasilitas di Masjidilharam, Makkah. “Kuota yang sekarang untuk Banten 6.877, itu setelah ada pemotongan 20 persen. Kalau normal berarti kuota Banten menjadi 8.541 orang,” kata pria yang akrab disapa Lukman ini.

Pihaknya tidak merinci jumlah kuota per kabupatan kota. Lukman hanya mengatakan, penambahan kuota akan mulai diberlakukan pada 2017. “Insya Allah 2017 sesuai dengan pengumuman Pak Presiden (Joko Widodo), penambahan kuota ini akan mulai diberlakukan,” katanya.

Secara teknis, lanjutnya, penambahan akan diberlakukan sesuai dengan nomor antrean. Yakni, jumlah tahun di atasnya akan ditambah dari daftar tahun di belakangnnya sesuai dengan jumlah kapasitas yang masih tersedia. “Urutannya disesuaikan atau tahun di belakangnya,” kata Lukman.

Selain adanya penambahan kuota, Lukman menyebut kemungkinan daftar tunggu haji juga akan mengalami perubahan. Namun, ia belum bisa memastikan waktunya. Saat ini pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut. “Pasti (daftar tunggu-red) berubah, tetapi terlihatnya setelah kuota normal ini diberlakukan,” katanya.

Kepala Kanwil Kemenag Banten A Bazari Syam menyambut baik penambahan kuota ini. Sebab, antusias masyarakat Banten untuk menunaikan rukun Islam kelima ini cukup tinggi. “Ini kabar baik bagi masyarakat yang akan menunaikan panggilan Allah,” katanya.

Ia mengaku, pihaknya akan terus melakukan perbaikan pelayanan ibadah haji masyarakat. “Tentu kita sebagai pelayan masyarakat akan terus mengupayakan pelayanan sebaik mungkin. Ini menjadi komitmen kami agar masyarakat yang akan melakukan ibadah bisa fokus dan lancar,” ujarnya. (Supriyono/Radar Banten)