SERANG – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten hari ini mulai melayani penukaran uang di Alun-alun Barat Kota Serang. Mobil kas dari Bank BRI, Bank BNI, Bank Muamalat, BCA, Bank Mandiri, dan Bank bjb sejak pagi sudah siap melayani warga.

Sejak dibuka pukul 09.00 WIB, warga sudah antre di kursi-kursi yang disediakan oleh panitia. Mereka rela datang pagi lantaran khawatir tak kebagian uang pecahan yang disediakan pihak bank, seperti pecahan Rp20.000, Rp10.000 , Rp 5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Maksimal penukaran uang Rp3,7 juta.

Feris, warga Walantaka, Kota Serang, merasa terbantu dengan adanya layanan ini. “Saya merasa lebih aman. Jadi gak ada peredaran uang palsu,” ujarnya.

Dewi, karyawan perusahaan di Kota Serang, juga merasa sendang. “Saya datang pagi-pagi khawatir antre dan gak kebagian. Jadi saya harus datang lebih awal,” ucapnya.

Kepala Unit SDM Bank Indonesia Hanafi  mengatakan, hari ini disediakan 286 nomor antrean. Kurang dari tiga jam, uang pecahan yang totalnya Rp1,3 miliar sudah habis ditukar. “Hari ini dari jam sembilan. Belum sampai jam dua belas sudah habis. Tapi yang pasti di Bank bjb kita masih layani samapi jam tiga sore. Masih banyak stok uangnya karena kas titipan kita ada di sana,” ungkapnya.

Besok BI akan mengadakan penambahan mobil kas. “Jadi lebih banyak lagi mobil kas penukarannya dan nomor yang akan disiapkan kurang lebih 400 nomor antrean,” ujarnya. (Ade F/Wirda)