Kurva Covid-19 di Kota Serang Landai

0
867 views
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SERANG – Kurva temuan kasus Covid-19 di wilayah Kota Serang hingga Kamis (14/5), melandai. Kondisi ini terpantau sejak temuan kasus positif di Lingkungan Mayabon, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang, Minggu (3/5) lalu.

Berdasarkan peta identifikasi sebaran Covid-19, Kamis (14/5) sore, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang mencatat 318 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Sebanyak 304 orang di antaranya telah selesai dipantau tanpa ada yang meninggal dan 14 orang masih terus dipantau.

Lalu, pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 25 orang. Sebanyak 16 orang dinyatakan sembuh dan sembilan pasien masih dalam perawatan.

Sedangkan kasus positif ada tujuh orang. Tiga orang dinyatakan sembuh, tiga masih dalam perawatan, dan satu orang meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, M Ikbal mengakui grafik sebaran Covid-19 di Kota Serang berbeda dengan tingkat nasional dan Provinsi Banten. 

Saat kurva secara umum mengalami kenaikan, Kota Serang justeru melandai. “Alhamdulillah, ada satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sembuh. Kalau melihat grafis di kota Serang landai,” ujarnya kepada Radar Banten, Kamis (14/5).

Namun, diakui Ikbal, pihaknya masih menunggu hasil swab test untuk50 orang yang memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif.

“Termasuk masyarakat yang rapid test-nya reaktif,” katanya.

Dijelaskan Ikbal, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang masih harus mengantisipasi penyebaran hingga akhir Ramadan. “Kalau ada pendatang yang ditemukan suhunya panas, segera datang ke fasilitas kesehatan,” jelasnya.

Kata Ikbal, upaya antisipasi sebaran Covid-19 telah dilakukan mulai dari pembuatan check poin, anjuran jaga jarak, hingga penggunaan masker ketika keluar rumah. “Memang sekarang ini, ada fenomena menarik, masyarakat sebenarnya sudah lupa kalau sekarang pandemi, kalau masyarakat tidak memiliki rasa tanggungjawab bersama, maka memutus mata rantai penyebaran akan sulit,” katanya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang, Hari Pamungkas mengakui kurva sebaran Covid-19 di Kota Serang masih landai. Namun, Hari berharap masyarakat tetap mematuhi anjuran pemerintah. “Kita harus bersama-sama mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 ini. Tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri harus bersama-sama,” pungkasnya. (fdr/nda)