Kustomfest, Ini Nih Surganya Para Pecinta Modif!

Zetizen

Bagi para penggemar modifikasi motor alias modif, acara ini memang wajib dalam list kamu Sob. Secara, selain menyiapkan lucky draw keren berupa motor modif, juga menghadirkan banyak motor modif yang bisa jadi inspirasi tunggangan kamu supaya lebih ketjeh.
Ya, meskipun harus merogoh kocek untuk terbang atau berkereta ke Yogya, kayaknya sih nggak seberapa deh dengan pengalaman dan wawasan yang bakal kamu dapat. Yoi Broh, Kustomfest ini memang festival kustom culture, kolaborasi pertunjukan dari berbagai jenis karya kustom Indonesia antara lain, motor kustom, hot rod dan kustom cars sepeda kustom, pedal car, body art, die cast, paint work, seni dan budaya, entertaiment, vendor booth, dan sebagainya. Semuanya ada dalam satu konsep perayaan kustom culture tahunan Indonesia. Wuih, ajib!
FYI, Kustomfest diselenggarakan sebagai acara tahunan bulan Oktober di Jogjakarta-Indonesia, kota yang terkenal dengan kekayaan budaya dan peninggalan sejarah. Acara itu mengundang dan melibatkan seluruh elemen pegiat kustom culture Indonesia dan pelaku industri kustom global, menampilkan karya kustom terbaik sebagai refleksi kekayaan budaya bangsa Indonesia.
Natasya Ananda Rizaldi, siswi SMAN 1 Bojonegara berkomentar, Kustomfest memang diadakan untuk para pencinta motor dan mobil. “Mungkin mencari sesuatu yang unik dilihat kali ya, hehe,” tebak Natasya lugu.
Wahyu Abdi, siswa SMAN 1 Bojonegara bilang, untuk memperbaharui wawasan loh seputar otomotif. “Kustomfest dibuat mungkin untuk melihat sebuah model kendaraan terbaru,” cetus Wahyu.
Kalau Esternia Gladys Suwarno, SMP Mardiyiana Cilegon bilang, pameran kendaraan seperti ini biasanya diadakan sebagai ajang mempromosikan atau memperkenalkan produk terkini. “hingga kendaraan antik kepada publik khususnya pecinta kendaraaan,” celotehnya.
Sementara Michael Joseph Suhandi, siswi SMKN 1 Kota Serang bilang, pengunjung datang ke Kustomfest pasti mencari sesuatu. “Biasanya nyari kendaraan yang bagus, unik, ya buat seru-seruan aja,” pungkasnya.

 

Empat Hal Keren di Kustomfest ke-5

Ratusan khalayak kultur kustom kembali berkumpul di perayaan terbesarnya di Indonesia, yakni Kustomfest 2016. Barisan hasil modifikasi kreatif karya builder lokal tertata rapi di Jogja Expo Center pada 8–9 Oktober. Pada tahun kelimanya saat ini, Kustomfest kembali menjadi parameter seberapa kuat scene kustom buat anak muda. Inilah empat paket yang kami rangkum dari festival itu. Check this out!

#1 Surganya Chevy Corvette
Jika pada tahun lalu Ford Mustang tampak gagah terpajang di pelataran JEC, tahun ini enam Chevrolet Corvette generasi pertama sampai kelima dijajar rapi dan menjadi ekshibisi yang paling membuat pengunjung kesengsem. ’’Itu menarik sekali. Corvette emang mobil langka. Itu jadi pemandangan indah,’’ ungkap Bambang Sulishadi, salah seorang pengunjung di Corvette Paradise. So, bisa dibayangkan kan gimana kencangnya laju sport car Chevy tersebut?

#2 109 Motor, 21 Mobil Kustom dari Seluruh Indonesia
Memasuki tahun kelima, daya tarik Kustomfest makin tinggi. Sebanyak 109 motor dan 21 mobil kustom dipamerkan dalam Kustomfest kali ini. Jumlah itu pun belum termasuk 146 kendaraan lainnya yang ngantre masuk Kustomfest, tapi masih belum kesampaian karena tak memenuhi kriteria. Aliran yang dipamerkan pun amat luas. Mulai motor dan mobil klasik, lowrider, hingga tipe sport berharga miliaran. Hal tersebut membuat Kustomfest mencuri perhatian jamaah kustom mancanegara. ’’I think it’s great. Indonesia punya builder yang bertalenta dan berkelas dunia,’’ ujar Don Pierce, penggemar asal Australia.

#3 Atribut-Atribut Kustom
Rasanya, tampil di jalanan nggak lengkap tanpa atribut lain berbau kultur kustom itu. Nggak cuma memamerkan barang-barang gede kayak mobil dan motor aja, detail artistik seperti pinstripe jadi pertunjukan yang menarik juga. ’’Zaman dulu pinstripe emang buat mobil-mobil klasik aja. Tapi, sekarang pinstripe bisa dilakukan di berbagai benda. Mulai motor, helm, bahkan papan skate,’’ jelas Beben, pemilik ’’kedai’’ pinstripe Beben Wayang Garage. ’’Hal itu jadi inspirasi buat ngemodif motorku, sekaligus silaturahmi sesama bikers,’’ ungkap Bobby Eko Saputro dari STIP Ambarukmo.

#4 Kustomer Pro dari Mancanegara
Kesempatan langka lainnya yang hanya bisa ditemui di Kustomfest adalah bersua dengan para pemodif kendaraan profesional dari mancanegara. Mereka adalah Kaichiroh Kurosu dari Cherry’s Company Jepang, Yuichi Yoshizawa Customwork Zon Jepang, dan Shige Suganuma, Moon Eyes Jepang. Tak ketinggalan, ada Yaniv Evan dari Powerplant motorcycles AS yang menjadi juri Kustomfest. ’’Saya sangat nervous. Banyak sekali orang di sini. Tahun ini ada lebih banyak kontestan. Pilihan yang sangat sulit. Setiap kontestan punya karakter dan sungguh serius mempersiapkan karyanya,’’ tutur pemilik bengkel Power Plant Motorcycles itu.
Yup, hal tersebut menandakan bahwa seorang profesional mancanegara pun mengapresiasi acara kebanggaan Indonesia itu. (bitazetizen-fhr/zee)