Taufiqurrahman

CILEGON – Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Cilegon tiada henti mengawal rencana pembangunan bumi perkemahan (buper) milik sendiri yang sudah bertahun-tahun diperjuangkan. Lahan buper yang telah disediakan Pemkot Cilegon di Kelurahan Cikerai, Kota Cilegon, ingin segera dibangun dan ada wujudnya.

“Buper sebetulnya sejak 2015 kita perjuangkan agar terwujud. Alhamdulilah respons Pak Iman (Walikota Cilegon saat itu), lahan buper disiapkan di Cikerai sudah ditetapkan tahun 2016,” ujar Taufiqurrahman, Ketua Kwartir Cabang Kota Cilegon saat ditemui usai gelaran raker pramuka yang berlangsung di ruang rapat wali kota Cilegon, Sabtu (24/3).

Ia mengaku lahan bakal buper tersebut kini telah diserahterimakan dari Pemkot Cilegon kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon. “Untuk kemudian disiapkan agar menjadi bumi perkemahan,” ujar Taufiqurrahman yang juga menjabat sebagai Asda I Pemkot Cilegon ini.

Ia mengungkapkan, Dispora Cilegon telah memiliki tanggungjawab untuk membangun pondasi berdirinya buper Kota Cilegon. “Persoalan nanti mau dikembangkan ke arah mana, ya nanti multi-fungsi. Yang penting untuk kebutuhan pramuka, bumi perkemahan itu telah disediakan,” katanya.

Ia menargetkan tahun 2019 buper Kota Cilegon dapat dimanfaatkan. Pembangunan fisik dilakukan secara bertahap. “Dasar-dasar pembangunannya harus mengakomodir untuk bumi perkemahan,” tuturnya.

Ia berencana dalam waktu dekat ini akan mengerahkan anggota pramuka untuk bergotong-royong membersihkan lahan bakal bumi perkemahan itu. “Mungkin minggu pertama bulan April akan kita turun ke sana. Kerja bakti,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)