Kwarda Banten Angkat Bicara Soal Pramuka Makan di Tanah

SERANG – Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Banten, Masduki angkat bicara terkait viralnya foto kegiatan pramuka di Kronjo, Kabupaten Tangerang, yang sedang makan di atas tanah tanpa alas apapun.

Dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Masduki membenarkan hal tersebut terjadi di wilayah Banten. Menurutnya, kejadian tersebut akan menjadi evaluasi bersama jajaran pengurus pramuka di Banten. “Kami tidak mengelak hal itu terjadi, persoalan itu sekarang sudah selesai,” ujar Masduki, Senin (27/3).

Menurut Masduki, foto itu terekspose di media sosial dan kemudian menjadi viral bermula dari keisengan salah satu anggota pramuka. Foto tersebut diunggah ke media sosial dan langsung mendapatkan respon besar.

Sayangnya, lanjut Masduki, respon tersebut menutup seluruh kegiatan positif yang dilakukan oleh kakak dan adik pramuka di Banten. “Kejadian itu hanya satu, tapi kerelawanan,  kreativitas, kedisiplinan, dan hal baik yang dilakukan tidak direspon masyarakat,” tuturnya.

Di balik foto tersebut ada niat baik dari para kakak pramuka yang menggelar acara tersebut.  Namun, Masduki kembali menyayangkan, niat tersebut tertutup oleh foto yang tersebar tanpa ada penjelasan latar belakang foto tersebut.

“Kami akan lakukan pembinaan, kalau sanksi gak ada ketentuan hukum. Teguran tetap kita lakukan, namun dalam bentuk pembinaan,” katanya. (Bayu)