Ladies, Jangan Abaikan Bahaya Detoks Rahim Bagi Kesehatan!

Net. Ilustrasi perempuan
Net. Ilustrasi perempuan

PRAKTISI kesehatan memperingatkan masyarakat tentang sebuah trend baru yang dikenal sebagai detoks rahim. Wanita melakukan detoks rahim dengan memasukkan bola pembersihan herbal ke area kewanitaan untuk mengobati kondisi umum seperti endometriosis, sariawan dan kista ovarium.

Berbagai bola pembersihan herbal kini dijual di pasar mulai dari harga $ 85 sampai $ 480 masing-masing mengklaim tujuan dari mengoreksi kondisi dengan menyingkirkan racun hingga mengencangkan dinding area tersebut.

Namun, para ahli mengklaim bahwa metode ini bisa menyebabkan iritasi dan bahkan bisa menyebabkan toxic shock syndrome yang mengancam jiwa. “Rahim Anda tidak lelah, tertekan atau kotor dan area kewanitaan Anda tidak ingin ada bantuan nyata dari Anda kecuali ada sesuatu yang salah. Misalnya adanya pendarahan hebat, gatal, kram parah atau menghasilkan bau,” kata ginekolog, Dr. Jen Gunter, seperti dilansir laman Youthhealthmag.

Kepala komunikasi untuk amal kesehatan seksual FPA, Bekki Burbidge juga meminta para wanita agar tidak melakukan detoks rahim. “area kewanitaan sangat mampu untuk membersihkan dirinya sendiri dan menggunakan produk wangi bisa mengganggu keseimbangan bakteri normal bukannya membantu,” kata Gunter.

Produk perfumed telah dikaitkan dengan vaginosis bakteri yang merupakan penyebab paling umum dari keputihan yang tidak biasa dan juga bisa meningkatkan risiko mengembangkan sariawan. Jika wanita khawatir tentang bau debit atau melihat perubahan dari debit normal mereka, penting untuk tidak mencoba dan menutupi ini dengan produk yang mengandung pewangi karena bisa dikaitkan dengan infeksi.

Cara terbaik untuk mencuci bagian tubuh adalah dengan menggunakan sabun biasa dan air untuk membersihkan vulva (alat kelamin wanita eksternal). Tidak perlu menggunakan air atau produk untuk menyiram atau detoksifikasi dalam tubuh. (jpnn/RBOnline)