Ladies, Yuk Belajar Masak di Banten Cooking Class

Banten Cooking Class

SERANG – Bagi kaum hawa yang memiliki hobi memasak dan ingin menambah ilmu mengenai masakan Nusantara maupun masakan Eropa, Jepang dan lainnya segera datangi Banten Cooking Class yang berlokasi di Jl KH Sulaiman Ling Kelapa Dua, Kelurahan Kagungan Kota Serang.

Berawal dari hobi memasak dan ilmu turun temurun yang diwarisi oleh keluarga, sejak enam tahun lalu Detty mulai membuka kursus memasak tersebut di rumahnya.

“Awalnya karena saya hobi masak, saya juga sudah membuka bisnis kuliner yakni usaha katering, terus ngajarin tetangga. Nah dari situ mungkin, dari mulut ke mulut orang pada tahu. Lalu saya punya ide buka kursus memasak untuk mempermudah para ibu-ibu,” katanya, Senin (8/8).

Banten Cooking Class dibuka setiap tiga hari dalam seminggu yaitu hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Untuk setiap pertemuan hanya dapat diikuti oleh 15 orang siswa dan diajarkan oleh tiga orang pengajar yang masih dari luar kota. Hal tersebut dikarenakan untuk memfokuskan siswa dalam mengikuti kursus memasak.

Di samping itu untuk setiap pertemuan, siswa akan diberikan materi yang berbeda. “Materinya bebas, asalkan tiap pertemuan berbeda. Misalnya hari ini kita selesaikan materi frozen food, nah besok bisa kita selesaikan materi tentang kue tampah, kue kering jajanan pasar,” ungkapnya.

Banten Cooking ClassRata-rata siswa yang datang berasal dari luar kota yakni Tangerang, Jakarta dan Lampung. “Dulu saya yang jauh-jauh keluar kota untuk ikut kursus memasak tapi sekarang mereka yang datang jauh-jauh, dan kebanyakan siswa di sini itu sudah berkecimpung di usaha kuliner,” ujarnya.

Untuk setiap siswa yang datang akan dikenai biaya kursus sebesar Rp350 ribu hingga Rp500 ribu untuk setiap pertemuan. Namun juga terdapat paket dua sampai tiga hari yakni Rp1 juta.

“Biasanya kalau yang setiap pertemuan itu didominasi ibu-ibu yang sudah memulai bisnis kulinernya, para gadis juga banyak, tapi kalau yang paket itu biasanya ibu-ibu rumah tangga,” katanya.

Namun sampai saat ini bagi siswa yang sudah mengikuti kursus, Banten Cooking Class belum mengeluarkan penghargaan atau sertifikat. “Setiap siswa yang mengikuti kelas memasak kita hanya sediakan bahan, modul dan nanti masakan yang mereka olah bisa dibawa pulang, untuk sertifikat baru akan kita rencanakan,” tandasnya. (Wirda)