Lagi Pandemi Covid-19, BI Banten Imbau Masyarakat Transaksi Non Tunai

0
1.637 views

SERANG – Menjelang Lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten meminta masyarakat untuk menggunakan transaksi non tunai agar lebih aman dan efisien. Pada masa pandemi Covid-19, transaksi non tunai ini cocok karena tanpa kontak langsung.

“Dalam masa pandemi Covid 19 dan mematuhi peraturan pemerintah terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hendaknya kita melakukan transaksi secara online,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja, Rabu (19/5).

Menurutnya, ada beberapa tips belanja bijak bagi masyarakat yang ingin belanja online dengan 3C yaitu catat barang yang akan dibeli sesuai kebutuhan, cek harganya yang wajar, click bayarnya.

“Dengan menggunakan non tunai, transaksi menjadi mudah, lancar dan efisien tanpa berkontak langsung,” tuturnya, Selasa (19/5).

Sementara bagi masyarakat yang ingin belanja melalui e-commerce secara aman, sebaiknya menggunakan website yang terkenal dan terpercaya. Selain itu, berhati-hati bila website terlihat mencurigakan atau kurang profesional, periksa keamanan yang digunakan, apakah situs menggunakan secure sockets layer (SSL). Bagi masyarakat yang transaksi menggunakan komputer, sebaiknya perlu pakai antivirus. Selebihnya gunakan password yang kuat, dilarang untuk menggunakan komputer umum atau warung internet (warnet) demi kemanan data. Jangan lupa kunci wifi jika belanja online menggunakan laptop dan beralihlah ke mobile, instal situs online yang sudah tersedia.

Konsumen sebaiknya carilah informasi detail mengenail barang yang akan dibeli mulai ukuran, warna, harga, dan kemanan produk. Bacalah semua tata cara belanja online atau aturan termasuk cara pembayaran dan pengembalian barang jika ada keluhan.

Sebaiknya, konsumen jangan lupa melihat harga dan hitung ongkos kirim. Perhatikan juga apakah ada biaya tambahan apakah yang harus dibayarkan saat membeli suatu produk. Jangan lupa bayarlah dengan metode yang aman seperti bank transfer, mobile banking dabnya yg disediakan lembaga keuangan terpercaya.

BI Banten juga mengimbau perbankan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Untuk itu, Bank indonesia senantiasa berkoordinasi dengan perbankan untuk pemenuhan kebutuhan uang menjelang hari raya. “Perbankan menyampaikan data penarikan uang satu hari sebelumnya agar dapat disiapkan pada hari penarikan,” katanya. (Susi K)