Lagu Genjer-genjer di Film G30S/PKI, Jajang C Noer: Lagu Itu Top pada Masanya

0
165
Aktris Senior Jajang C Noer. Foto: Gunawan Wibisono/JawaPos.com

JAKARTA – Dalam salah satu scene atau adegan di film G30S/PKI, terdapat lagu dengan judul Genjer-Genjer. Atas adanya tayangan itu, lagu Genjer-genjer itu dianggap sebagai lagu PKI. Sebab pada tayangan itu pemeran anggota PKI dan Gerwani berjoget asik sambil menikmati alunan musik tersebut.

Stigma Genjer-genjer dianggap sebagai lagu PKI melekat hingga hari ini. Atas hal itu Jajang C Noer, istri dari Arifin C Noer, sutradara film G30S/PKI, ikut memberikan penjelasan.

Dia mengaku lagu genjer-genjer itu bagian dari PKI. Dikatakannya pada era 1963, lagu genjer-genjer memang sangat populer. “Enggak tahu lagu saya (lagu itu sering dinyanyikan oleh PKI‎). Tapi waktu itu memang lagi populer banget lagu Bing Slamet itu,” ujar Jajang dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (23/9), sebagaimana dilansir JawaPos.com.

Menurut Jajang, saat itu dirinya bersama sang suami tidak berhasil mewawancarai PKI untuk menanyakan lagu apa yang sering dipakai. Nah kebetulan lagu Genjer-Genjer di era 60-an sangat populer sehingga Arifin C Noer memilih lagu itu di film G30S/PKI. “Tapi memang lagu itu top pada masanya,” katanya.

Lagu tersebut adalah hanya untuk latar belakang suasana. Sama seperti masyarakat atau anak muda apabila nongkrong dan berkumpul, maka dalam film selalu diiringi oleh sebuah lagu. “Sama seperti kalau lagi kumpul-kumpul kan ada lagunya juga,” ungkapnya.

Diketahui, pada zaman Orde Baru (Orba) lagu Genjer-Genjer sangat dilarang untuk diputar dan dipasarkan oleh masyarakat. Akan tetapi, di era Reformasi, lagu itu kini bisa diputar dan diperdengarkan kembali secara bebas. Bahkan saat ini masyarakat bisa memutarnya hanya dengan membuka laman www.youtube.com. (cr2/JPC)