Lahan Kosong di RT 16 Kaningan Duet Kini Jadi Taman

0
1809

CURUG-RT 16 RW 01, Lingkungan Kaningan Duet, Kelurahan Sukalaksana, Kecamatan Curug memiliki wilayah cukup luas. Butuh berjalan 700 meter untuk mengelilingi kampung. Namun, penataaan sudah dilakukan di setiap sudut perkampungan.

Rabu (14/7), Radar Banten bersama Lurah Sukalaksana H Armin memantau langsung hasil penataan yang dilakukan oleh warga sejak dua bulan lalu. Lingkungan yang awalnya kumuh dan banyak lahan kosong, sekarang berubah menjadi tertata menjadi taman.

Gapura di RT 16 berbeda dengan gapura pada umumnya, warga membuat gapura berbentuk tanduk yang menjulang ke atas berwarna merah. Di atasnya tertulis ucapan selamat datang di Kampung Resik Lan Aman 2021.

Dari gapura hingga ke bagian dalam permukiman lalu mengelilingi ke jalan utama, lingkungan ini kanan dan kiri jalannya sudah dilakukan pemagaran dari bambu. Berjalan kaki pun tak terasa lelah lantaran lingkungan yang asri, hijau, dan berwarna.

Ada dua lokasi taman yang awalnya lahan kosong. Lokasi pertama di pekarangan rumah warga yang luasnya sekira 15 meter persegi. Taman ini didominasi rumput yang indah, dilengkapi tanaman dan dikelilingi pagar bambu.

Taman satu lagi berlokasi di dekat masjid, luasnya lebih kecil, hanya tujuh meter persegi, namun lebih banyak hiasan seperti tanaman bunga, tanaman hias, dan air mancur mini. Taman ini juga menjadi tempat bagi anak-anak untuk bermain sambil membaca.

Tokoh masrayakat sekaligus penggerak penataan lingkungan RT 16 H Jakri mengatakan, sejak disosialisasikan soal adanya lomba kebersihan dan keamanan, warga gotong-royong hampir setiap hari. “Antusias banget, semuanya kompak,” kata Jakri kepada Radar Banten.

Awalnya, kata Jakri, warga fokus pada kebersihan lingkungan, memunguti sampah plastik, membabad rumput, serta membersihkan selokan. Namun khusus hari Jumat, Sabtu dan Minggu, penataan fokus pada pembuatan taman. “Dua taman ini sengaja kita buat supaya anak-anak punya tempat bermain yang asyik,” ujarnya.

Sementara Lurah Sukalaksana H Armin menilai lingkungan RT 16 berpotensi masuk nominasi juara lingkungan berbunga dan partisipasi masyarakat terbaik. Hal itu sudah dibuktikannya dengan adanya taman dan kekompakan warga. “Optimis bisa juara,” pungkas lelaki penggemar motor vespa itu. (mg06/nda)