Lahan Parkir di Tepi Jalan Hambat Arus Lalu Lintas

0
404 views

SERANG – Lahan parkir di tepi jalan mulai dari Kecamatan Ciruas hingga Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang dinilai menghambat arus lalu lintas. Lahan parkir itu dikelola oleh masyarakat. Sementara
penggunanya para karyawan perusahaan dan masyarakat umum.

Contohnya lahan parkir hingga bahu jalan di Jalan Desa Pelawad, tak jauh dari Pasar Kecamatan Ciruas, menyebabkan jalan menyempit dan mengganggu lalu lintas. Begitu pula dengan mobil yang terparkir di pinggir jalan.


Kepala Seksi (Kasi) Perparkiran Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Opan Baihaqi mengatakan, pihaknya berupaya menertibkan parkir liar untuk kenyamanan dan keamanan pengendara lalu lintas.

“Lokasi terbanyak parkir liar ada di sepanjang jalan Kecamatan Ciruas menuju Kecamatan Cikande,” ujar Opan kepada Radar Banten di ruang kerjanya. Selasa (9/4).

Dijelaskan Opan, selain melakukan penertiban, pihaknya sudah memasang rambu larangan parkir. Namun, karena minimnya lahan kosong yang bisa digunakan untuk parkir, membuat pengelola parkir liar membuka lahan parkir di pinggir jalan.

“Kita juga agak bingung, ya mereka enggak punya lahan lagi. Di satu sisi, warga butuh lahan parkir,” keluhnya.

Soal retribusi parkir, Opan menyebutkan, pada 2015 yang diterima Dishub Rp42 juta. Sedangkan 2018 meningkat menjadi Rp70 juta. “Kalau retribusi parkir sih terus meningkat,” katanya. (Haidaroh)