Laka Kerja di PT Krakatau Posco, Perusahaan: Akan Kita Penuhi Hak Korban

0
658 views

CILEGON – Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten menekankan pada PT Royal Cilegon Abadi agar segera memberikan hak korban kecelakaan kerja yang terjadi di area PT Krakatau Posco, Iskal Muntaqo (34) warga Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak yang tewas di lokasi kejadian.

“Hadirnya Disnaker itu keterkaitan hak korban, hak karyawan. Sehingga tadi juga kita sampaikan korban di mana posisinya, saat kecelakaan korban dibawa ke rumah duka dan habis salat Jumat sudah dimakamkan. Di sana ada hak korban yaitu pemakaman, gaji dia yang terakhir, dan santunan untuk keluarga yang ditinggalkan,” ujar Rahmatullah, Pengawas Ketenagakerjaan pada Disnakertrans Banten saat ditemui Radar Banten Online di ruang kerjanya di lingkungan Kantor Disnaker Cilegon, Jumat (6/1) sore.

Dijelaskannya, sementara ini PT Royal Cilegon Abadi telah memenuhi kewajibannya atas hak korban terkait dana pemakaman dan biaya perawatan rumah sakit. “Ini yang sudah diberikan sekitar Rp12.400.000. Itu keterkaitan untuk pemakaman dan biaya perawatan rumah sakit. Ini masih ada dua hak korban lagi yang harus diberikan segera. Untuk santunan itu upah perbulan dikali 80 persen,” katanya.

Diungkapkan Rahmatullah sanksi tegas akan diberikan apabila pihak perusahaan tidak memberikan hak korban kecelakaan kerja tersebut. “Di UU 170 bagaimana keselamatan itu harus terlindungi. Dan UU 13 2003 pasal 30 ayat 5 tentang perlindungan mulai dari masuk sampai selesai bekerja. Sanksinya nanti akan kita urai dari jenis pelanggarannya,” ucapnya.

Sementara itu, Muhammad Jufri Harahap, Komisaris Utama PT Royal Cilegon Abadi mengaku akan segera memberikan seluruh hak-hak korban seperti apa yang telah tercantum pada aturan Dinas Ketenagakerjaan. “Kita akan penuhi semua. Korban itu merupakan pegawai harian lepas. Kita memang sudah sering bekerja sama dengan PT KP (Krakatau Posco). Kalau dari safety kita sudah tidak kurang, semua sudah lengkap,” katanya. (Riko)