Lakukan 5 Langkah ini Setiap Pagi Agar Sehat

0
519 views

SETIAP pagi, pilihan yang Anda buat bisa memengaruhi jalannya hari dan kesehatan, apakah menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Semua dimulai saat Anda bangun pagi. Sayangnya, masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk bangun pagi tanpa memencet tombol ‘snooze’ berkali-kali saat alarm berbunyi.

Memang, terkadang bangun pagi butuh perjuangan, namun tahukah Anda bahwa bangun pagi menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan?

Bangun pagi, menurut para ahli kesehatan bisa meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan fokus, dan mengatasi stres dengan lebih baik. Percayalah, bangun pagi tidak akan membuat Anda rugi. Justru sebaliknya, kesehatan tubuh akan diuntungkan lewat berbagai manfaat aktivitas pagi di bawah ini.

1. Selalu sarapan.

Dengan bangun pagi, Anda jadi punya cukup waktu untuk menyiapkan menu sarapan sehat yang mengandung sayur-sayuran yang bernutrisi, protein berkualitas tinggi, lemak tak jenuh, dan serat. Jika semua hal tersebut terpenuhi, maka Anda akan merasa kenyang dan berenergi sepanjang hari.

Jika waktu sarapan Anda sangat terbatas, Anda bisa mencoba sarapan dengan buah atau oatmeal dengan tambahan yoghurt polos (plain yoghurt). Makanlah dengan tenang dan pusatkan perhatian Anda pada makanan yang sedang dimakan, sebelum mengecek agenda harian atau membaca berita lewat ponsel.

2. Rutin berolahraga.

Orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi punya cukup waktu untuk berolahraga selama 15-30 menit sebelum memulai harinya. Berlari di atas treadmill maupun outdoor bisa menjadi pilihan paling mudah yang punya segudang manfaat, seperti mencegah penuaan, meningkatkan kepadatan tulang, dan membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda termasuk yang rutin berolahraga pada pagi hari, jangan hanya berhenti di situ. Tantang diri Anda untuk berolahraga lebih keras dari waktu ke waktu. Sebagai variasi, Anda bisa mencoba latihan fisik lainnya seperti aerobik atau yoga.

3. Punya waktu untuk diri sendiri.

Setiap orang memiliki versi jam paginya masing-masing. Ada yang sudah memulai aktivitas dari jam 5 pagi, ada pula yang baru bisa memulai aktivitasnya pada jam 7.

Bangun pagi membuat kondisi mental dan fisik lebih siap menghadapi segala aktivitas. Memiliki rutinitas pagi—entah bermeditasi atau hanya melakukan aktivitas rutin—memberi Anda me time dan mengenal diri sendiri secara lebih dalam. Pada akhirnya, hal ini akan memberikan Anda kesempatan untuk mengatur aktivitas demi kelancaran hari yang lebih baik.

4. Menetapkan tujuan.

Tuliskan apa saja yang ingin Anda lakukan pada keesokan pagi sesaat sebelum tidur. Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat merasa lebih dekat dengan tujuan yang ingin dicapai. Tidak hanya itu, mempunyai tujuan yang jelas membuat Anda mampu melihat kemungkinan masalah yang akan dihadapi.

Ambil waktu 5-10 menit untuk kembali mengingat tujuan yang ingin dicapai sebelum memulai hari. Selain itu, untuk meningkatkan perasaan positif, putar lagu favorit saat bangun tidur untuk menemani Anda saat melakukan rutinitas pagi.

5. Memulai pagi dengan perasaan penuh syukur.

Menghayati setiap adukan kopi pagi atau teh yang Anda buat adalah salah satu bentuk meditasi. Suara adukan sendok dan jerangan air adalah cara sederhana untuk memulai pagi dengan penuh rasa syukur.

Meditasi juga bisa membantu mempersiapkan mental untuk menjalani hari. Dengan kondisi mental yang baik, otomatis akan membantu Anda untuk lebih produktif dan inovatif, sekaligus mengurangi kecemasan, stres, dan meningkatkan mood.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan ketika Anda bangun pagi, yang bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan dan menumbuhkan gaya hidup sehat sebelum memulai hari. Mari bulatkan tekad untuk bangun (lebih) pagi setiap hari.(RN/RVS/klikdokter)