Lanal Banten Miliki Kapal Patroli Baru

Komandan Lantamal III Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto (kanan) mengalungkan syal kepada Komandan KAL Anyer 1-3-64 Kapten Laut (P) Prihatin Hadi Nugraha Sianturi di dermaga Indah Kiat Merak, Kota Cilegon, Sabtu (13/6),

CILEGON – Komandan Lantamal III Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto memimpin penyambutan kapal patroli TNI Angkatan Laut baru yang masuk ke jajaran Pangkalan Utama TNI AL III (Lantamal III) Jakarta di dermaga Indah Kiat Merak, Kota Cilegon.

Kapal patroli tersebut adalah Kapal Angkatan Laut (KAL) Anyer I-3-64 yang merupakan jenis kapal patroli berbahan aluminium produksi dalam negeri yang dibuat oleh PT Steadfast Marine Tbk di Pontianak, Kalimantan Barat.

KAL Anyer I-3-64 merupakan hasil kerja sama antara TNI Angkatan Laut dengan PT Steadfast Marine Tbk yang peresmian peletakan lunas/keel laying dilaksanakan sejak 2019 oleh Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo di galangan PT Steadfast Marine Tbk, Pontianak. Sementara peluncuran KAL Anyer dilakukan pada 18 Oktober  2019.

Pemberangkatan KAL Anyer I- 3-64 menuju Banten  pada Kamis (11/6) dari dermaga Satrol Lantamal XII. KAL Anyer diawaki oleh 15 personel yang dikomandani Kapten Laut (P) Prihatin Hadi Nugraha Sianturi.

KAL Anyer I-3-64 memiliki panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter dan bobot 90 ton dengan kecepatan maksimum 28 knot.

Penyambutan KAL Anyer I-3-64 oleh Komandan Lantamal III Jakarta didampingi Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, Komandan Satrol Lantamal III, Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi dan para Asisten Danlantamal III.

Dalam acara penyambutan itu, Komandan KAL Anyer I-3-64 dikalungkan kain syal khas Baduy oleh Komandan Lantamal III Jakarta dan tutup kepala khas Baduy (udeng) oleh Komandan Lanal Banten. Hal itu sebagai simbol bahwa KAL Anyer Iā€“3ā€“64 akan bertugas di jajaran Lantamal III Jakarta dan masuk dalam Keluarga Besar Lanal Banten.

“Pengadaan KAL Anyer diperoleh dari anggaran APBN dan merupakan program pengadaan Dismatal TA. 2019. KAL ini terbuat dari bahan aluminium yang akan lebih tahan dibandingkan dengan produk sebelumnya. Harapannya agar para pengawak KAL lebih percaya diri dalam melaksanakan operasi di laut,ā€ kata Komandan Lantamal III Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto

Kata Hermanto lagi, peralatan navigasi dan komunikasi juga dilengkapi sebagai standar unsur yang beroperasi di laut dengan kontur perairan terbuka,ā€ ujarnya. Dengan dimulainya penugasan di Banten, KAL Anyer I-3 -64 siap menjaga kedaulatan laut NKRI. (bam)