Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Judijanto saat mengemudikan kapal didampingi Direktur Radar Banten Online Mashudi.

MERAK – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten memiliki armada kapal patroli laut baru. Namanya Patkamla Panaitan, nama yang diambil dari sebuah pulau di perairan Banten. Jumat (15/1/2016) pagi, sejumlah awak media mendapatkan kesempatan menaiki kapal buatan dalam negeri tersebut, dalam ‘Marine Inspection’ dengan dikemudikan langsung oleh Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Judijanto.
Berbeda dengan kapal patroli lainnya yang sudah dimiliki Lanal Banten, Patkamla Panaitan memiliki kecepatan paling tinggi. Tak ayal saat melaju di atas permukaan laut, seluruh penumpang berpegangan tangan pada benda apapun yang ada di sekitarnya. “Kapal ini (Patkamla Panaitan) bisa melaju dengan kecepatan maksimum 40 knot, dilengkapi dengan dua mesin yang masing masing mesin memiliki kekuatan 400 PK,” ungkap Danlanal.

Kencangnya laju kapal, dapat terlihat langsung dari debur ombak yang dihasilkan dari kekuatan baling-baling mesin. Patroli di Perairan Merak dan Bojonegara dapat ditempuh dalam waktu singkat. “Kapal ini akan beroperasi tergantung informasi dan kebutuhan. Setidaknya seminggu tiga kali kita bisa keluar (operasi),” tambahnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Radar Banten Online Mashudi dan Redaktur Pelaksana Radar Banten Lutfi yang juga sempat singgah ke Pos TNI AL di Pulo Panjang, Kecamatan Bojonegara. “Meskipun kencang, tapi laju kapal tetap nyaman,” kata Mashudi seraya mendampingi Danlanal mengemudikan kapal. (Devi Krisna)