Lantik 142 Pjs Kades, Zaki: Kades Harus Jadi Panutan

0
301 views
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar secara simbolis melantik 142 Pjs Kades yang bertugas di 28 kecamatan, di lapangan Maulana Yudha Negara, Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Selasa (23/7). Foto: WIVY/RADAR BANTEN

TIGARAKSA – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melantik 142 penjabat sementara (Pjs) kepala desa (Kades)  untuk 28 kecamatan di lapangan Maulana Yudha Negara, Puspemkab Tangerang, Selasa (23/7).

Zaki mengatakan, pelantikan dilakukan untuk mengisi kekosongan sementara kepala desa menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan berlangsung Desember 2019.

“Setelah diambil sumpahnya, para Pjs Kades ini akan menjabat sampai diangkat atau ditetapkannya kepala desa definitif hasil pilkades serentak,” kata Zaki usai melantik.

Orang nomor satu di Kabuaten Tangerang ini menjelaskan kepala desa merupakan bagian terpenting dari program pembangunan desa di Kabupaten Tangerang. Maka itu, setelah dilantik diharapkan mereka bisa melanjutkan kepemimpinan terdahulu dengan berbagai program prioritas yang sudah dirancang.

“Jadi sesuai aturan, para Pjs Kades ini merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang diusulkan di masing-masing kecamatan,” tutur Zaki.

Dia juga berharap Pjs Kades mampu menjadi panutan di desa yang dipimpin, termasuk menjadi pelopor anti korupsi.

”Harus menjadi panutan bagi masyarakat, menjadi orang bijaksana, penggerak dan pendukung gerakan anti korupsi di desanya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Ahmad Hafid mengatakan, Pilkades 2019 yang dilaksa nakan serentak akan dilakukan pada Desember mendatang.

Menurutnya Pilkades 2019 akan diikuti 153 desa dan merupakan terbesar dalam sejarah Pilkades di Kabupaten Tangerang. Untuk anggarannya, Pemkab Tangerang menyiapkan sekitar Rp22,3 miliar untuk pesta demokrasi tingkat desa itu. Sedangkan tahapannya, akan dimulai pada 4 September 2019. (gun/mg-04/adm/sub)