Lapak Pedagang di Pintu Masuk dan Keluar Pasar Kranggot Ditertibkan

0
1236

CILEGON – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cilegon menertibkan para pedagang yang berada di akses masuk Pasar Kranggot, Selasa (16/3).

Kepala Dinas Satpol PP Kota Cilegon Juhadi M Syukur menjelaskan, tindakan itu dilakukan setelah adanya surat edaran dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Kranggot untuk para pedagang.

“Atas dasar arahan Pak Walikota dan adanya surat dari UPT itu kita berjalan mengingatkan para pedagang agar memahami keinginan kita untuk menata,” ujar Juhadi.

Menurutnya para pedagang diminta untuk tidak lagi membuka lapak di jalan atau di lokasi yang bukan peruntukan berdagang.

Para pedagang diminta untuk pindah ke hanggar yang telah disiapkan oleh pemerintah..

“Kita harus humanis, persuasif, sambil berjalan dengan sendirinya pedagang diarahkan ke hanggar yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Satpol PP Kota Cilegon Sukroni menjelaskan, upaya penertiban di akses masuk dan keluar pasar akan dilakukan selama tiga hari.

Menurutnya, sebelum penertiban dilakukan petugas terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Sudah dari kemarin kami memberikan pengertian. Kami masih persuasif selama dua hari, sementra banyak yang sudah menyadari dan membersihkan sendirinya, tapi belum semua,” paparnya.

Lanjut Sukroni, untuk sementara ini pihaknya masih fokus pada pedagang yang berjualan di akses masuk dan keluar pasar. Untuk penataan bagian dalam pasar menurut Sukroni menjadi kewenangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon. (Bayu Mulyana)