Lapas Cilegon Gelar Bakti Sosial

0
72

CILEGON – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon menggelar bakti sosial di lingkungan yang berada di sekitar lokasi Lapas itu.

Bakti sosial dilakukan dengan merenovasi Masjid Bani Thosim dan membagikan sembako kepada masyarakat sekitar.

Kepala Lapas Kelas III Cilegon Fonika Affandi menjelaskan, kegiatan itu merupakan bentuk partisipasi Lapas kepada masyarakat. Selain itu kegiatan pengabdian ke masyarakat ini digelar dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 54.

“Ini instruksi dari pusat juga,” ujarnya, Jumat (20/4).

Menurut Fonika, kegiatan ini pun merupakan bentuk wujud terima kasih Lapas kepada masyarakat, karena selama ini telah banyak membantu kegiatan pembinaan yang dilaksanakan di Lapas. “Karena selama ini pengabdian kita ditolong tokoh masyarakat, masyarakat sekitar,” katanya.

Renovasi masjid dilakukan oleh para pegawai di Lapas, warga binaan, serta dibantu oleh kepolisian. Adapun renovasi yang dilakukan yaitu memperbaiki pagar masjid, mengecat ulang masjid, dan memperbaiki kamar mandi masjid.

“Saya berharap adanya sinergitas antar tokoh masyarakat dan ulama yang ada di sekitar Lapas dengan Lapas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Bani Thosim Hayatullah mengaku sangat terbantu dengan adanya agenda pengabdian masyarakat itu.

“Kebetulan pagar masjid juga sudah keropos, bisa dibenahi dan diperbaiki dan kembali bagus, dan juga untuk masyarakat tidak mampu diberikan sembako dan juga barang-barang yang lain,” ujarnya.

Mewakili masyarakat, Hayatullah mengaku berterima kasih atas kegiatan itu. Hayatullah pun berharap Lapas Kota Cilegon bisa semakin jaya dan maju dan menjadi Lapas percontohan bagi Lapas se-Indonesia. (*)