Lapuk, Rumah Penjual Kue Keliling di Cikande Ambruk

Etin di depan rumahnya yang ambruk di Kampung Banjarsari, RT/RW 03/03, Desa/Kecamatan Cikande, Minggu (26/8). FOTO. DESA CIKANDE FOR RADAR BANTEN

SERANG – Satu rumah semipermanen di Kampung Banjarsari, Desa/Kecamatan Cikande, dilaporkan tiba-tiba ambruk, Sabtu (25/8) malam. Bangunan diduga ambruk karena termakan usia atau sudah lapuk. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Pemilik rumah diketahui bernama Etin (44), janda anak tiga yang berprofesi sebagai penjual kue keliling. Akibat kejadian itu, Etin dan ketiga anaknya kini terpaksa mengontrak di rumah tetangga tak jauh dari tempat tinggalnya.

Di lokasi kejadian, Minggu (26/8), Etin hanya bisa termenung dan meratapi nasib sambil membereskan puing-puing reruntuhan. Rumahnya bolong pada bagian atap. Genting rumah berserakan menimpa barang-barang yang ada di ruang tengah. Kanopi depan rumah yang terbuat dari kusen ambruk.

Kasi Pembangunan Desa Cikande Asih Armiyati mengaku, tidak mengetahui secara pasti kejadian ambruknya rumah Etin. Asih hanya menerima laporan dari Etin yang berlari ke rumahnya meminta tolong sambil menangis bahwa rumahnya tiba-tiba ambruk. “Saya langsung bangun dan melihat rumah Etin, benar saja roboh,” ujarnya, Minggu (26/8).

Diungkapkan Asih, Etin berstatus janda anak tiga. Setiap hari untuk menafkahi keluarganya, Etin setiap hari hanya berjualan kue keliling kampung. Untuk sementara, Etin dan ketiga anaknya mengontrak di rumah tetangganya.

“Kami sudah melakukan pendataan dan melaporkannya ke Dinsos (Dinas Sosial) melalui TKSK (tenaga kerja sosial kecamatan) agar Etin segera mendapatkan bantuan,” katanya.

Menurut Asih, rumah Etin mendesak untuk dibangun. Katanya, rumah Etin juga masuk kategori rumah tidak layak huni (RTLH) yang harus mendapat bantuan dari pemerintah. Pihaknya juga sedang berusaha melobi perusahaan terdekat untuk perbaikan rumah Etin. “Kemarin juga ada beberapa rumah yang masuk kategori darurat sudah terealisasi,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Camat Cikande Mochamad Agus berjanji untuk segera mengajukan permohonan bantuan renovasi rumah Etin kepada Dinsos Kabupaten Serang dan juga memnta bantuan perusahaan di wilayah Cikande. “Kami usahakan,” janjinya. (Adi/RBG)