Salah satu peserta festival bintang vokalis gambus.

SERANG – Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten bekerja sama dengan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Banten menggelar festival bintang vokalis gambus di halaman Kanwil Kemenag Banten, Jumat(19/8). Kegiatan ini untuk menjaring vokalis gambus terbaik Banten.

Ketua Lasqi Banten Encep Safrudin Muhyi mengatakan, festival bintang vokalis gambus diiikuti 64 peserta dari seluruh kabupatan/kota di Banten. Mereka yang mengikuti di antaranya remaja putra, remaja putri, dewasa putra, dewasa putri, anak putra, dan anak putri.

“Kegiatan kesenian ini harus terus dilestarikan di Banten. Festival ini vokalis hingga tingkat nasionalnya. Maka dari itu, kegiatan ini bisa menjadi penunjang kader-kader Lasqi Banten untuk meraih prestasi,” ujarnya.

Setelah kegiatan ini, para peserta akan diseleksi lagi untuk mengikuti tingkat nasional. “Mereka yang terbaik akan dibina dan dibimbing untuk mengikuti festival tingkat di Lampung, November nanti,” ujarnya.

Inu Aminudin, Ketua Lasqi Pusat, mengatakan Lasqi merupakan lembaga independen yang dibentuk masyarakat tahun 1970. Lembaga ini sangat berkaitan dengan kesenian tradisi keislaman, Lasqi dan Kemenag bekerjasama untuk mewujudkan warga harapan warga yang ingin maju dan punya prestasi di bidang ini. Lasq di Banten dibentuk pada 2004. “Mudah-mudahan Lasqi Banten bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah, sebab sejauh ini potensi yang dimiliki Banten cukup bagus dalam hal kesenian islami dan berharap menjuarai festival vokalis gambus tingkat nasional di Lampung nanti,” kata Inu. (Ade F)