Latihan Bela Negara Bareng FPI, Dandim Lebak Dicopot

0
456 views

SERANG – Menggelar latihan bela negara bersama Front Pembela Islam (FPI), Letkol Czi Ubaidillah dicopot jabatannya sebagai Dandim 0603/Lebak oleh Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal Muhammad Herindra.

Kepada awak media hari ini setelah serah terima jabatan Danrem 064/Maulana Yusuf di Alun-alun Barat Kota Serang, Mayor Jenderal Muhammad Herindra mengatakan, hukuman tersebut dihadiahkan pada Ubaidillah karena latihan tersebut dilakukan tanpa melalui prosedur.

“Kamis telah ada latihan bela negara oleh Kodim Lebak, itu tidak melalui SOP yang benar, saya ambil langkah mencopot Dandim Lebak. Seharusnya, Dandim meminta izin ke Danrem, setelah itu Danrem ke saya,” papar Herindra, Senin (9/1).

Menurut Herindra, latihan bela negara bisa dilakukan oleh setiap warga negara termasuk oleh ormas, tetapi ormas yang pro Pancasila, pro NKRI, pro UUD 45 dan pro kemajemukan. “Saya akan mempertimbangkan ormas-ormas yang tidak pro NKRI,” ujarnya.

Kodam III/Siliwangi menurut Herindra telah memeriksa Ubaidillah, namun masih bersifat pemeriksaan sementara. “Besok ada pejabat yang baru,” katanya.

Untuk diketahui, pada Kamis 5 Januari lalu, FPI bersama Kodim 0603/Lebak menggelar latihan bela negara di salah satu Pondok Pesantren. Informasi latihan tersebut pun langsung menyebar luas di berbagai media termasuk media sosial. (Bayu)