Lawan Covid-19, Pemprov Gandeng Ormas

0
347 views
Kepala Dinkes Banten dr Ati Pramudji Hastuti saat menghadiri kegiatan penguatan kelompok masyarakat dalam program prioritas kesehatan Provinsi Banten mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Pandeglang, Kamis (22/10)

SERANG – Pemprov Banten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di delapan kabupaten/kota se-Banten.

Kasi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Banten, Mahmud mengungkapkan, hingga saat ini Dinkes  telah bekerja sama dengan sejumlah ormas dalam mencegah dan melawan covid-19 di Banten, diantaranya dengan MUI, FSPP, Aisyiyah, Muslimat, DMI, Pramuka, Majlis Taklim, ICMI dan Fatayat.

“Agar sinergis dengan Gugus Tugas Penanganan Covid, ormas yang bekerja sama dengan Dinkes diberikan pembekalan dan arahan, melalui kegiatan penguatan kelompok masyarakat dalam program prioritas kesehatan Provinsi Banten,” kata Mahmud kepada wartawan, Kamis (22/10).

Ia menyebutkan, kegiatan penguatan kelompok masyarakat dalam pencegahan Covid-19 dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat (22-23/10) bertempat di Kabupaten Pandeglang. “Hari ini (kemarin) Kepala Dinkes Banten yang langsung memberikan pengarahan dan pembekalan pada perwakilan ormas mitra Dinkes,” ujarnya.

Mahmud berharap, semua Ormas yang bekerja sama dengan Dinkes Banten dapat melaksanakan kampanye anti Covid-19 sesuai protokol kesehatan, melalui jaringan di bawahnya, hingga tingkat kelurahan dan desa.

“Dengan bantuan ormas, diharapkan kesadaran masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan semakin meningkat, sehingga tumbuh kesadaran untuk lebih mandiri dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Banten,” urainya.

Terpisah, Kepala Dinkes Banten, dr Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan, kerja sama dengan berbagai ormas merupakan salah satu upaya Pemprov Banten untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sekaligus mengurangi penyebaran Covid-19 agar semua daerah menjadi zona hijau.

“Melawan covid, Pemprov Banten tidak akan bisa kalau sendiri. Kami membutuhkan bantuan, support, partisipasi, dan kerja sama masyarakat, khususnya ormas untuk sama-sama mencegah dan melawan pandemi covid,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pandemi telah memasuki bulan ke delapan, namun masih banyak masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan. “Kalau masih ada yang tidak disiplin menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, ini tidak hanya membahayakan dirinya tapi juga orang lain,” tegasnya.

Ati mengaku optimistis bila semua ormas dan instansi terkait lainnya di Banten sinergis dengan pemerintah, maka penyebaran covid bisa terus ditekan. “Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh semua pihak yang selama ini membantu penanganan dan pencegahan penyebaran covid. Semoga masyarakat semakin disiplin agar pandemi segera berakhir,” pungkasnya. (den/air)