Lawan Kolesterol? Coba Tips Berikut Ini

Kolesterol

MASALAH kesehatan yang utama dihadapi masyarakat modern sekarang ini adalah kelebihan kolesterol dan obesitas. Kolesterol yang berlebih bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan menjadikan jantung penderita tidak bisa berfungsi dengan baik. Hasil akhirnya adalah penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa tips mudah menurunkan kolesterol:

1. Ekstrak Bawang

Sebuah studi baru-baru ini yang dipresentasikan dalam Endocrine Society menemukan ekstrak bawang menurunkan kolesterol total pada tikus diabetes.

“Sejumlah penelitian lain dalam beberapa tahun terakhir juga menemukan bawang efektif dalam mengurangi LDL kolesterol ( kolesterol buruk) dan gula darah,” kata kepala seksi kardiologi preventif di Klinik Cleveland, Stanley Hazen, seperti dilansir laman Prevention.

Menurutnnya, bawang merah dan bawang putih keduanya sangat berguna dalam menurunkan kolesterol.

2. Red Yeast Rice

Beras ragi hasil fermentasi ini mengandung senyawa yang disebutmonacolin K.  Ini  merupakan senyawa yang sama ditemukan dalam statin disebut lovastatin.

Seperti obat, monacolin menjaga jantung dar kolesterol. Karena itu, reseptor LDL menarik kolesterol jahat dari darah. Penelitian telah menunjukkan beras merah dalam bentuk pil bisa mengurangi kolesterol LDL sebesar 10 persen sampai 30 persen.

3. Obat Pencahar

Obat pencahar juga bisa membantu menurunkan kolesterol tetapi hanya jika Anda mengonsumsi dengan cara yang benar. Serat larut yang ditemukan dalam obat pencahar seperti metamucilmemblokir penyerapan kolesterol ke dalam darah.

Selain itu, serat larut seperti metamucil juga memiliki efek sekunder yang membuat kadar kolesterol lebih rendah, seperti membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, Anda mengurangi makanan ringan berlemak.

4. Tahu

Studi telah menemukan bahwa makan tofu dan produk kedelai lainnya mengurangi kolesterol LDL.
Dokter dari Harvard Medical School mengatakan makan sekitar 10 ons tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai sehari bisa mengurangi kolesterol jahat oleh 5 sampai 6 persen.

Tofu juga mengandung pitosterol dan merupakan protein rendah kolesterol. Sehingga mengganti daging dengan tahu setidaknya satu malam seminggu memotong jumlah kolesterol dalam diet Anda.

4. Wine

Segelas harian anggur merah tidak akan melakukan apa pun untuk LDL Anda. Namun, wine bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL ( kolesterol baik).
Jadi semakin tinggi HDL Anda, maka semakin baik total kolesterol Anda. The Mayo Clinic merekomendasikan tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan laki-laki yang lebih tua dari 65 tahun. Pria di bawah 65 tahun bisa minum wine dua gelas sehari.

5. Pektin

Kulit buah putih pahit pada jeruk mengandung pektin, serat yang bisa menurunkan kolesterol LDL. (fny/jpnn)