Layanan Same Day Service PLN, Penyambungan Listrik Lebih Cepat

0
2155
Manager ULP Serang Kota M Habib Tohir

SERANG – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Utara telah melakukan penyambungan baru bagi 35.313 masyarakat yang mengajukan menjadi pelanggan pada 2020.

Sementara pada 2021, sampai saat ini ada 6.100 pelanggan, yang 98,03 persennya adalah layanan penyambungan same day service oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP) dalam waktu dan tempat yang berbeda.

Same day service merupakan pelayanan satu hari oleh PLN kepada masyarakat untuk pelaksanaan pasang baru dan perubahan daya. Dalam prosesnya, pelanggan yang dapat memanfaatkan program ini ialah pelanggan yang tidak memerlukan perluasan jaringan, bangunan serta instalasi milik pelanggan sudah siap dan memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO). Same day service dapat langsung direalisasikan oleh PLN pada hari yang sama setelah pembayaran biaya penyambungan sudah diterima PLN.

“Program same day service ini mengedepankan harga dari sebuah waktu. Sebuah program layanan satu hari tambah daya dan pasang baru demi memberikan respons pelayanan yang cepat kepada masyarakat, sehingga dapat mempengaruhi produktivitas masyarakat itu sendiri,” jelas Manager ULP Serang Kota M Habib Tohir, Kamis (11/3).

Habib juga menyampaikan tantangan serta komitmen ke depan. PLN UP3 Banten Utara yang meliputi ULP Serang Kota, ULP Cikande, ULP Cilegon, ULP Anyer dan ULP Prima Krakatau harus mampu menyediakan layanan 3 Hours Service kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan prima.

“Sebagai bentuk pelayanan yang prima untuk masyarakat, kami mampu memberikan layanan sambungan yang lebih cepat yaitu pelayanan 3 hours service. Sehingga masyarakat tidak perlu susah payah menunggu lama untuk mendapatkan akses listrik. Proses pemasangan baru dan tambah daya sekarang sudah jauh lebih mudah untuk di akses. Bisa melalui online via Aplikasi PLN Mobile, website PLN ataupun daftar ke loket kantor PLN,” ungkapnya.

Sampai dengan saat ini, PLN UP3 Banten Utara sudah melaksanakan layanan 3 hours service sebanyak 1.457 pelanggan dengan delta daya 1.969.650VA dari total sambungan di tahun 2021. Untuk mendapatkan layanan ini pelanggan harus memenuhi beberapa persyaratan seperti identitas lengkap pemohon, bukti pembayaran biaya penyambungan, surat keterangan usaha khusus permohonan golongan bisnis dan industri sebagai kelengkapan administrasi.

Selanjutnya untuk memudahkan Informasi dan layanan silahkan mengunjungi Contact Center 123, website www.pln.co.id atau download aplikasi PLN Mobile di Playstore dan AppStore. (*/aas)