Lebaran, Jasa Pengiriman Logistik Panen

SERANG- Momen Lebaran seperti ini membawa keberkahan tersendiri bagi jasa pengiriman barang. Bisa dibilang, momen ini sebagai waktu untuk para pengelola jasa pengiriman panen karena lonjakan pengiriman meningkat hingga 80 persen dibandingkan sebelumnya. Ini setidaknya yang dirasakan JNE dan Tiki.

Branch Manager JNE Cabang Cilegon Ulfi mengatakan, pada Lebaran ini ada peningkatan yang signifikan mencapai 30 persen baik yang masuk ke Serang atau pun yang dikirim ke luar Serang. “Memang banyak konsumen yang melakukan pembelanjaan online,” katanya.

Kata dia, saat Ramadan dan Lebaran seperti ini membawa berkah tersendiri karena banyak melakukan pengiriman. “Panen dan lembur karena banyak pengiriman yang harus diantar,” katanya.

Sementara Jasa Titipan Kilat (Tiki) di Serang, Banten juga mengalami peningkatan sejak awal Ramadan. HRD Tiki Serang, Vera mengatakan, volume pengiriman semakin meningkat mendekati Lebaran. “Sejak awal Ramadan hingga sekarang mencapai 90 persen lebih,” katanya.

Selain pengiriman barang keluar Kota Serang yang mengalami peningkatan, penerimaan barang yang masuk ke Tiki Serang juga mengalami lonjakan yang signifikan. Peningkatan ini didominasi konsumen yang menggunakan jasa onlineshop. “Kini banyak masyarakat yang berbelanja melalui internet,” katanya.

Lonjakan pengiriman barang pada Ramadan kali ini banyak masyarakat yang mengirim makanan berupa parcel serta pakaian. Sedangkan, penerimaan barang banyaknya online shop seperti handphone, jam tangan, dan pakaian. Penerimaan barang dibagi menjadi dua ada dokumen dan barang, untuk dokumen tidak mengalami lonjakan yang signifikan pada Ramadan. (Susi K-Jenar/Radar Banten)