Lebaran, Pelayanan di RSUD dr Adjidarmo Berjalan Normal

0
926 views

RANGKASBITUNG – Meski pemerintah menetapkan libur bersama Hari Raya Idul Fitri selama lima hari kerja, namun pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Adjidarmo Rangkasbitung akan berjalan seperti biasa alias normal. Bahkan pelayanan kesehatan akan ditingkatkan dengan menyiagakan dokter dan perawat.

Plt Direktur RSUD dr Adjidarmo Rangkasbitung Maman Sukirman menyatakan, rumah sakit milik pemerintah tersebut ekstra siaga saat libur Lebaran.

“Ya, seperti tahun sebelumnya, saat Lebaran kami tetap siagakan dokter dan perawat. Biasanya pasien yang kami terima adalah korban laka lantas dan pasien rujukan dari rumah sakit lain. Mengantisipasi hal yang tak diinginkan, kami siagakan petugas,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, semua peralatan kesehatan juga sudah dipersiapkan secara komplet agar pelayanan medis tetap berlangsung normal. “Termasuk menyiagakan stok obat-obatan yang sangat cukup dan menyiagakan mobil ambulans,” jelasnya.

Selain itu, kata Sukirman, pihaknya juga menyiapkan penunjang ekstra, yakni dokter yang sewaktu-waktu bisa dipanggil dan langsung datang (on call). “Tentunya kita menyiagakan juga dokter spesialis on call, kalau memang diperlukan bisa langsung segera datang. Saya jamin pasien tak akan kesulitan menemukan dokter meski saat libur seperti ini,” ujar Kepala Dinkes Lebak itu.

Ditambahkan Wakil Direktur RSUD dr Adjidarmo Nana Mulyana. Ia menjamin pelayanan kesehatan di RSUD setempat akan berjalan normal tanpa ada keluhan kekurangan petugas. “Tentunya karena kita adalah lembaga pelayanan masyarakat, tidak benar bila tidak menyiapkan tenaga medis ataupun dokter,” katanya.

Namun meski demikian, lanjut dia, semua pegawai akan mendapatkan hak libur atau cuti, karena teknis penjagaan dilakukan secara bergantian. “Libur dan cuti tidak berbarengan, mereka kita atur dengan sistem bergantian demi terciptanya layanan yang baik dan optimal kepada masyarakat,” ujarnya. (Nurabidin Ence/RBG)