Ribuan umat Islam memadati areal tawaf Masjidil Haram. Foto Ilustrasi: Kemenag

MAKKAH – Memasuki hari ke-22 pemberangkatan jemaah haji dari Tanah Air ke Tanah Suci, data Sistem Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) merilis, 106.925 jemaah haji Indonesia sudah memadati Kota Makkah Al Mukarramah.

Jumlah itu terdiri dari, lebih 73 ribu jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang datang dari Madinah setelah menjalankan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Sedangkan hampir 34 ribu lainnya adalah jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang kedua dari Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah lalu ke Makkah.

Menurut Kepala Seksi Data dan Siskohat Eko Dwi Irianto, data tersebut merupakan laporan kedatangan jemaah haji Indonesia sampai dengan Senin (29/08) pukul 17.00 waktu Arab Saudi (WAS). “Sampai dengan sore tadi, dari Madinah total 179 kloter, sedang dari Jeddah 83 kloter. Sehingga, jumlah jemaah haji Indonesia yang sudah berada di kota Kelahiran Nabi Muhammad Saw. adalah 262 kloter,” terang Eko dikutip dari Kemenag. (mkd/PinmasKememag/aas)