Lewat Sepak Bola, Pengurus RW Ajak Pemuda Bergotong Royong

0
54

KIBIN – Pengurus RW 02, Kampung Kalongmasjid, Desa Barengkok, Kecamatan Kibin, punya cara cukup unik agar bisa menggandeng warga dan pemudanya bergotong royong membersihkan kampung. Yakni, dengan menjanjikan pertandingan sepak bola antarkampung. Cara itu dianggap mampu menambah kekompakan antara pemuda dengan warga Kalongmasjid.

Cara itu digunakan pengurus RW 02, Kampung Kalongmasjid, lantaran penduduk Kalongmasjid bukan semuanya warga asli kampung tersebut. Banyak pendatang yang tinggal di kontrakan di kampung itu. Pemuda Kalongmasjid juga mayoritas telah disibukkan dengan pekerjaan mereka sebagai buruh pabrik di Kabupaten Serang wilayah Timur. Kampung itu dihuni oleh 400 jiwa penduduk dari 200 kepala keluarga (KK). “Sejak dulu, kalau mau gotong royong, sorenya pasti main sepak bola,” kata Ketua RT 04 RW 02, Kampung Kalongmasjid, Kabir, kepada Radar Banten, Selasa (17/9).

Ia mengaku, warganya sudah mempersiapkan kampung mereka mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Warga dan pemuda kampung telah bergotong royong membersihkan saluran irigasi pada hari Minggu (8/9) lalu.

“Waktu bersihin irigasi juga sorenya kita main sepak bola,” ungkap Kabir.

Kabir tidak menampik pihaknya belum punya konsep untuk menata lingkungan kampungnya. Namun, gotong royong membersihkan lingkungan akan terus dilakukan warga Kalongmasjid setiap hari Minggu. “Karena kalau hari Minggu mah para pemuda pada libur kerja,” jelasnya.

Kendati belum punya konsep, menurut Kabir, pengurus RT dan RW serta warga Kalongmasjid berinisiatif akan memasang lampu hias di jalan perkampungan mereka. Pot dengan tanaman hias juga akan ditata di tiap rumah warga.

“Tapi untuk melaksanakannya, kami menunggu arahan pemerintah desa dulu karena butuh dana. Sambil menunggu keputusan dari pemerintah desa, warga bersih-bersih lingkungan,” urai Kabir.

Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Desa Barengkok Narti mengaku, pemerintahannya telah menggelar rapat bersama warga Kalongmasjid pada Selasa (17/9).

“Kita belum bisa kasih keterangan lengkap. Soalnya, masih tahap sosialisasi dan perencanaan,” katanya. (mg06/don/ira)