MONITOR : IT and B2B Director LG Electronics Indonesia Abel Oh (kedua kanan) dan Product Marketing IT LG Electronics Indonesia Wilson Wijaya (kedua kiri) di acara LG Monitor 5K Media Session di Jakarta, Selasa (4/11). FOTO : JawaPos.com

JAKARTA – LG Electronics Indonesia resmi mengenalkan produk monitor terbarunya di Indonesia. Menariknya, monitor yang dibawa LG memiliki resolusi 5K dan diklaim menjadi yang pertama di Indonesia. Dialah LG UltraWide Monitor 34WK95U dan UltraFine Display 27MD5KA.

Monitor 5K LG ini menyasar kalangan profesional. Harganya pun tidak murah. Untuk tipe UltraFine Display 27MD5KA 27 inci, perangkat tersebut dilepas dengan harga Rp21,799 juta. Sementara untuk LG UltraWide Display Nano IPS 34WK95U dengan bentang layar 34 inci dilepas dengan harga Rp25,699 juta.

IT and B2B Director LG Electronics Indonesia Abel Oh mengatakan, dengan monitor yang memiliki resolusi tinggi, para digital professional bisa menghasilkan karya yang lebih maksimal. “Monitor 5K LG akan memberikan lebih banyak pengalaman kepada fotografer, videografer, dan para digital professional lainnya dalam membuat karya,” ujarnya, di acara perkenalan LG Monitor 5K di Jakarta, Selasa (4/11), sebagaimana dilansir JawaPos.com.

Dalam kesempatan yang sama, Product Marketing IT LG Electronics Indonesia Wilson Wijaya menjabarkan, produk teranyar LG itu merupakan monitor 5K pertama di Indonesia. Target market monitor 5K adalah visual artis, creative editors, dan creative streamers yang membutuhkan detail serta aspek sempurna dari sisi gambar. “Mengapa kami memperkenalkan monitor 5K? Sebab, market monitor 4K terus tumbuh dan akan mengarah ke teknologi selanjutnya, yakni 5K,” jelasnya.

Seperti disinggung di atas, dua tipe monitor 5K LG yang dikenalkan pada hari ini, pertama LG UltraWide 34WK95U 34 inci dan LG UltraFine Display 27MD5KA 27 inci. Untuk LG UltraFine Display 27MD5KA, monitor ini dirancang khusus untuk pengguna MacBook Pro. Sebab, monitor ini hanya dibekali dengan slot Thunderbolt sebagai koneksi dari komputer ke monitor.

Tingkat kerapatan gambar atau PPI-nya diklaim setara dengan retina display milik Apple.
LG UltraFine Display 27MD5KA diklaim memiliki 218 PPI yang setara dengan retina display dengan 220 PPI. Lainnya dari monitor LG UltraFine Display 27MD5KA yang segmented untuk pengguna MacBook Pro adalah software pengaturan layar yang hanya kompatible dengan perangkat MacBook Pro.

Sementara untuk produk kedua, yakni LG UltraWide 34WK95U yang merupakan monitor layar lebar dengan aspek rasio 21:9. Tujuan monitor UltraWide dikatakan pihak LG adalah untuk melihat lebih banyak konten, lebih luas, dan lebih mudah. Misalnya untuk melihat kurva, kegiatan tabulasi, dan kebutuhan lainnya yang butuh visual lebih luas.

Hal lainnya dari LG UltraWide 34WK95U ini adalah kemampuan spektrum warna sRGB hingga 135 persen dan perolehan Digital Cinematics Initiative (DCI) hingga nilai DCI-43. Nilai DCI-43 sendiri dikatakan menjadi standar spektrum warna bagi konten dalam format digital. Selain itu, ditunjang terapan bingkai tipis pada empat sisinya, perangkat ini disebut akan memberi kenyamanan pandang lebih baik bagi pengguna.

Keunggulan lain dari monitor LG UltraWide 34WK95U dengan bentuk memanjang ini sudah didukung kemampuan High Dynamic Range (HDR) 600. Skor HDR 600 sendiri diperoleh dari perusahan pengujian Vesa Display untuk perangkat monitor papan atas. Kemudian, perangkat ini juga membawa material latar Nano IPS yang akan membawa gambar yang lebih nyata dan dramatis.

Tidak hanya untuk bekerja, kedua monitor ini dikatakan mendukung kegiatan entertainment dengan built-in camera dan speaker. Kemampuan lainnya, kedua monitor ini bisa membagi pekerjaan dengan multifunction screen manager yang bisa digunakan pengguna untuk mengerjakan multitasking berbagai applikasi dalam satu layar dengan membaginya per kebutuhan user. (JPC/aas)